Program Kerja dan Kegiatan

0
5

Program Kerja

Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang memiliki program kerja Sebagai berikut:

a. Penelitian dan pengembangan bidang kehidupan beragama;

b. Penelitian dan pengembangan bidang pendidikan agama dan keagamaan;

c. Penelitian dan pengembangan bidang lektur/khazanah keagamaan;

d. Dukungan manajemen / penunjang tugas dan fungsi.

Hasil yang telah di capai

Kegiatan utama Balai mencakup 4 jenis pekerjaan yakni, Penelitian, Jasa pelayanan telaah kasus, Penyelenggaraan seminar, Menerbitkan buku penelitian, Jurnal, Majalah, Kerjasama dibidang penelitian dengan perguruan tinggi dan pertukaran informasi ilmiah dengan lembaga lain. Adapun kegiatan tersebut yaitu:

1. Penelitian

Balai Penelitian dan Pengembagan Agama Semarang telah melakukan penelitian sejak tahun 1980 hinggga saat ini.

Adapun judul penelitiannya diantaranya:

a. Dalam bidang penelitian, Balai telah menyelesaikan beberapa penelitian yakni, Tradisi “Ikhtilaf” dan Budaya Damai di Pondok Pesantren Salafiyah di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Ekslusivisme Islam di Kampus, Varian Pemikiran dan Gerakan Keagamaan Mahasiswa di Indonesia (Studi tentang Pemikiran dan Gerakan Keagamaan Mahasiswa di UGM Yogyakarta, UNAIR Surabaya dan UNS Surakarta) Pembinaan Keluarga Sakinah oleh Lembaga Keagamaan di Provinsi Jawa Tengah, Bali, dan Nusa Tenggara Barat, Dinamika Hubungan Intern Umat Beragama di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Tengah, Pengaruh Pendidikan Agama terhadap Perilaku Keagamaan Peserta Didik SMA di Bawah Yayasan Keagamaan di Propinsi Bali, Kalimantan Tengah, dan Nusa Tenggara Timur (Studi Uji Pengaruh Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama terhadap Nilai-Nilai Religiusitas, Kejujuran, Toleransi, Cinta Damai, dan Kepedulian Sosial Peserta Didik SMA di Bawah Yayasan Keagamaan di Kota Denpasar Provinsi Bali, Kota Palangkaraya, dan Kota Kupang NTT), Minat Masyarakat terhadap Madrasah: Prototipe Model Madrasah yang Diminati Masyarakat di Propinsi Kalimantan Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Standardisasi Penguasaan Kitab Kuning (Studi pada Pondok Pesantren Salafiyah di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kalimantan Selatan), Inventarisasi dan Digitalisasi Naskah Klasik Keagamaan di Madura (Kab. Sumenep dan Kab. Pamekasan), Pesan Damai dalam Karya Ulama Kalimantan Barat (Studi Karya Teks Ulama Era Reformasi), Khazanah Keagamaan Islam pada Tiga Kerajaan di Jawa dan Madura (Studi Istana Pakulaman Yogyakarta, Mangkunegaran Surakarta, dan Kraton Sumenep Madura), Dinamika Kepercayaan Keagamaan Masyarakat (Continuity and Change) di Jatim, Jateng, dan DIY, Kearifan Lokal: Revitalisasi dan Transformasi (Studi Kasus Mengenai Upaya Pembangunan Kerukunan Beragama di DIY, Jatim, dan NTT), Pelaksanaan Pendidikan Agama pada Sekolah Dasar Islam Terpadu di DIY, Jateng, dan Jatim, Kinerja Pengawas PAI Madrasah di Jatim, Jateng, dan DIY, Implementasi Pendidikan Ma’had ‘Ali pada Pondok Pesantren di Jateng, Jatim, dam DIY, Naskah Keagamaan yang Memuat Nilai Kerukunan di NTB dan Kalsel, Buku Ajar Pendidikan Agama Islam di DIY, Masjid Kuno di Jawa Timur.

b. Penelitian terkini, penelitian yang sedang dilakukan Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang meliputi. Pertama Penelitian Agama dan Kearifan Lokal dalam Konteks Kekinian; Model Pembinaan Berbasis Komunitas di Jateng dan Jarim. Kedua Penelitian Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Religi pada MTs di Jateng. Ketiga Penelitian Seni Budaya Keagamaan di Jateng.

c. Penelitian Kerjasama. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi. Adapun judul penelitian yakni: Jejak-Jejak Perempuan Muslimah sebagai Kepala Keluarga di Jateng, Jatim, dan Yogyakarta, Kekerasan Terhadap Perempuan dan Peran Agama-Agama Jateng dan DIY.

d. Telaah Kasus. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang telah melaksanakan telaah kasus tentang Pengkajian terhadap Perusakan Gereja di Temanggung (Analisis Konflik Kerusuhan Bernuansa Agama di Temanggung ), Kasus Konflik Keagamaan (Studi Kasus Konflik Sampang), Fatwa-Fatwa Keagamaan Penyebab Konflik (Analisis Wacana Fatwa-Fatwa Keagamaan MTA Surakarta). Kasus Penafsiran Baru terhadap Al-Quran oleh Yayasan Tauhid Indonesia (Yatain) atau Lembaga Pengkajian dan Pendalaman Alquran (LPPA) Tauhid

2. Workshop dan Seminar

Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang telah melaksanakan Workshop tentang Workshop Revitalisasi Kearifan Lokal (Local Wisdom) untuk Resolusi Konflik, Isu-isu Keagamaan yang Aktual, Pengembangan Wawasan Multikulturalisme bagi Penyuluh Agama Se-Eks Karsidenan Surakarta dan Pekalongan dan sebagainya. Selain workshop juga melaksankan seminar Deradikalisasi Agama, Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Agama,

3. Kerjasama dengan Lembaga Lain

Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang yang memiliki wilayah kerja 9 provinsi, untuk menjangkau semuanya, maka memerlukan kerjasama antar lembaga. Balai ini telah mengandeng beberapa lembaga yakni, IAIN Walisongo Semarang, IAIN Surakarta, UKSW Salatiga dan STAIN Salatiga.

4. Penerbitan Jurnal dan Majalah

Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang dalam meningkatkan mutu dan SDM pegawai. Oleh karena itu menerbitkan Jurnal Analisa dengan ISSN: 2502 – 5465, jurnal tersebut terbit dua kali. Jurnal tersebut telah memperoleh akreditasi dengan nomor akreditasi: 543/AU1/P2MI-LIPI/06/2013. Saat ini telah menginjak terbitan Volume 1 Nomor 2 2016

Selain mengeluarkan produk jurnal, Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang juga menerbitkan majalah Smart. Tetapi seiring berjalannya waktu Majalah Smart  sekarang telah menjadi Jurnal. Terbit tahun 2010 dan terbit 2 kali setahun.

Semua Jurnal dari BLAS ini telah online, dan mulai berkembang ke arah jurnal International untuk Analisa dan Nasional untuk jurnal Smart.

Fasilitas

Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang memiliki beberapa fasilitas yaitu

Gedung berlantai 3 (tiga) yang terletak di Jl. Untung Suropati Kav.70 Bambankerep, Ngaliyan, Semarang.

Ruang seminar dan tiga ruang diskusi lengkap dengan peralatan

Jaringan Internet

Perpustakan memiliki koleksi buku bacaan berjumlah 14,633 buku dan buku hasil penelitian 1195 buku.

SHARE
Previous articleTugas Pokok dan Fungsi
Next articleStrategi Capaian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here