Tren Pelaporan Pelecehan Seksual
  • BLA Semarang
  • 12 Juli 2023
  • 41x Dilihat
  • berita

Tren Pelaporan Pelecehan Seksual

Dulu pelecehan seksual dianggap candaan, tetapi sekarang lebih diperhatikan. Artinya sudah mulai ada perubahan. Ada tren pelaporan pelecehan, sekarang sudah tidak menunggu diperkosa dulu baru melapor, tapi dilecehkan sudah berani melapor dan speak up.

Hal tersebut diungkapkan anggota Komnas Perempuan Alimatul Qibtiyah dalam kegiatan Review Finalisasi Instrumen Pengukuran Deteksi Dini dan Mitigasi Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi Keagamaan, di Hotel Dafam Semarang, Rabu (12/7).

“Selama 21 tahun Komnas Perempuan menerima laporan yang selalu diadukan adalah perkosaan. Baru di tahun terkahir, laporan yang diterima adalah pelecehan,” kata Alimatul.

Lebih lanjut Alimatul mengatakan mengukur keberhasilan upaya menciptakan tidak diukur dari berkurangnya laporan kasus kekerasan seksual, tetapi naiknya penyelesaian kasus. Sebenarnya kalau ada peningkatan laporan ini kita maknai positif.

“Indilkator keberhasilan penanganan kekerasan seksual itu, tidak lagi diukur dari banyaknya laporan tetapi banyaknya penyelesaian kasus,” tandas Alimatul.