Umi Muzayanah, S.Si., M.Pd.

Umi Muzayanah, S.Si., M.Pd.

Umi Muzayanah, S.Si., M.Pd.
Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang, Indonesia

CURRICULUM VITAE

Scopus :

Google Scholar : https://scholar.google.co.id/citations?user=FRPONboAAAAJ&hl=en 

Sinta ID : http://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=6079401&view=overview 

Orchid ID : https://orcid.org/0000-0003-1651-1019 

Data Pribadi:

UMI MUZAYANAH
Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang
Jl. Untung Suropati Kav 70 Bambankerep, Ngaliyan, Semarang, Indonesia.
Email: umimoza78@gmail.com ; umi_muzayanah@kemenag.go.id 

Pendidikan:
S3
S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Semarang
S1 Matematika Universitas Diponegoro

Kepakaran:
Agama dan Tradisi Keagamaan

Pengalaman Mengelola Jurnal:
Editor Jurnal SMaRT Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi Tahun 2015

Editor Jurnal ANALISA Journal of Social Science and Religion Tahun 2016 - sekarang

Kemampuan Bahasa:

Indonesia

Inggris

Publikasi:

Buku:

  1. Indeks Kepuasan Madrasah terhadap Kinerja Pengawas. 2017. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Bagian dari Buku:

  1. “Melacak Ideologi Kebangsaan Para Aktivis Rohis di SMA” terbit dalam Bunga Rampai Transmisi Keberagamaan Rohis: Eksistensi, ekspresi, dan Politik. 2018. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.
  2. "Transmisi Ideologi Gerakan Jamaah Ansharusy Syariah” terbit dalam Bunga Rampai Radikalisme dan Kebangsaan Kelompok Keagamaan Perspektif Pendidikan. 2016. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.
  3. "Model Penguatan Tiga Pilar Manajemen Berbasis Madrasah (MBM)" terbit dalam Bunga Rampai Tiga Pilar Manajemen Menuju Madrasah Ideal. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.
  4. "Epilog: Merancang Manajemen yang Ideal Bagi Madrasah", terbit dalam Bunga Rampai Tiga Pilar Manajemen Menuju Madrasah Ideal. 2015. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.
  5. "Pendidikan Agama dalam Bingkai Budaya Multikulturalis di Sekolah (Studi Pendidikan Multikultural di SMAN 1 Kuta", terbit dalam Bunga Rampai “Pendidikan Multikultural di Pulau Dewata”. 2015. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

 

Artikel Jurnal:

  1. Kepedulian Siswa Madrasah Aliyah terhadap Produk Pangan Halal di Kota Surakarta. 2019. Jurnal SMaRT Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi 5 No. 2. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang.
  2. The Map of SMA/SMK Islamic Education Teachers’ Competencies in Central Java. 2018. ANALISA Journal of Social Science and Religion 3 No. 2. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang.
  3. Trend Beragama Remaja Era Milenial: Analisis Perilaku Siswa SMA di Jawa Tengah. 2018. Fikrah Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan Vol. 6 No. 2. Prodi Aqidah dan Filsafat Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus.
  4. Fungsi Komunikasi dalam Transmisi Nilai-nilai Keagamaan pada Organsiasi Kerohanian Islam (Rohis) di SMAN 1 Purworejo. 2018. Komunika Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol. 12 No. 1. IAIN Purwokerto.
  5. The Role of The Islamic Education Subject and Local Tradition in Strengthening Nationalism of The Border Society (Study in Temajuk Village Sambas Regency of West Borneo). 2017. ANALISA Journal of Social Science and Religion 2 No. 1. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang.
  6. Indeks Pendidikan Multikultural dan Toleransi Siswa SMA/K di Gunungkidul dan Kulonprogo. 2017. Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Vol. 15 No. 2. Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan.
  7. Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan Peran Lembaga Agama di Banyumas Jawa Tengah. 2016. Jurnal SMaRT Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi  2 No. 2. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang.
  8. Kualitas Kinerja Pengawas Madrasah dalam Perspektif Guru dan Kepala Madrasah (Analisis Perbandingan Kepuasan Guru dan Kepala Madrasah terhadap Supervisi Pengawas Madrasah di Sukoharjo dan Surakarta Jawa Tengah). 2016. Jurnal Al-Qalam Jurnal Penelitian Agama dan Sosial Budaya Vol. 22 No. 2. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar.
  9. Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Pada Madrasah Ibtidaiah (MI) Keji Ungaran Jawa Tengah. 2016. Penamas Jurnal Penelitian Keagamaan dan Kemasyarakatan Vol. 29 No. 2. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta.
  10. Kualitas Butir Soal PAI Pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional. 2015. Jurnal SMaRT Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi 1 No. 1. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang.
  11. Manajemen Madrasah Sebagai Media Strategis Pendidikan Karakter”. ANALISA: Jurnal Pengkajian Masalah Sosial KeagamaanVol. 21 No. 2. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang.

Partisipasi dalam kegiatan ilmiah:

  1. Pelatihan Metode Analisis Kebijakan. MAP Universitas Gajah Mada. 2018.
  2. Diklat Fungsional Peneliti Tk. Lanjutan. Pusbindiklat LIPI. 2017.
  3. Diklat Fungsional Peneliti Tk. Pertama. Pusbindiklat LIPI. 2010.