Rembug Moderasi Beragama dalam Seminar Isu Aktual BLA Semarang
  • 28 Oktober 2021
  • 175x Dilihat
  • berita

Rembug Moderasi Beragama dalam Seminar Isu Aktual BLA Semarang

(Semarang, 28 Oktober 2021) Menapaki penghujung tahun 2021, Balai Litbang Agama Semarang atau yang biasa disingkat BLAS Kembali mengadakan agenda besar yaitu Seminar Hasil Penelitian Isu Aktual Tahap 2 Tahun 2021. Bertempat di Hotel Pandanaran Semarang, berlangsung 3 kegiatan seminar secara serempak dari masing-masing bidang penelitian yaitu Bimas Agama dan Layanan Keagamaan di Ballroom Lantai 1, kemudian bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan dan Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi bertempat di Meeting Hall lantai 5.

Pada bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan, dengan mengusung tema “Moderasi Beragama” yang sedang digaungkan oleh Kementerian Agama saat ini, mengambil lokasi penelitian di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kegiatan penelitian dilaksanakan pada periode pertengahan September 2021. Adapun judul yang diseminarkan diantaranya adalah Pelestarian Warisan Walisongo di bangkalan Madura oleh Arnis Rachmadhani, kemudian Pewarisan Keberagamaan Moderat dalam Wisata Religi Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu oleh Setyo Boedi Oetomo, selanjutnya Perempuan Muslim dan Moderasi Beragama: Studi terhadap Majlis Taklim di Semarang oleh Zakiyah, lalu Moderasi Beragama dalam Tradisi Lisan pada Masyarakat Brebes : Studi tradisi Perang Centong dalam Prosesi Pernikahan oleh joko Tri Haryanto, lalu Relasi Antar Umat Beragama Kabupaten Klaten: Studi Kasus Desa Sadar Kerukunan di Desa Jonggrangan Kecamatan Klaten Utara oleh Lilam Kadarin Nuriyanto, selanjutnya Peran Penyuluh Agama Islam Kemenag Kab. Purbalingga Terhadap Pembinaan Kehidupan Keagamaan (Studi Pada Warga Binaan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Purbalingga) oleh Titi Isnaini Fauzah, yang terakhir Integrasi Masyarakat dalam Resolusi Konflik Pasca Pendirian Masjid Baitur Rahman Purbalingga oleh Rosidin Sudastro.

Kepala Balai Litbang Agama Semarang, Dr. Samidi, M.S.I. dalam keynote speech-nya menyampaikan bahwa BLAS memang sedang menggalakkan program dari Gus Menag terkait Moderasi Beragama. “hasil penelitian ini nantinya akan menjadi bahan kebijakan dan rekomendasi untuk Kementerian Agama yang sedang menggalakkan program “Moderasi Beragama” melalui bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan ini”, kata Samidi.

KaBLAS juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada tamu undangan yang sangat spesial kali ini. KaBLAS juga mengharapkan kegiatan ini bisa berjalan lancar dari awal hingga akhir dan mendapatkan masukan berupa saran dan kritik dari para hadirin tamu undangan.

Adapun sebagai narasumber kegiatan tersebut adalah Drs. H. Anasom, M.Hum perwakilan PCNU Kota Semarang dan Dr. KH. Iman Fadhilah, M.Si. dari Universitas Wahid Hasyim Semarang. Kedua narasumber memberikan beberapa catatan kepada hasil penelitian dan memberikan masukan kepada peneliti bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan.

Kegiatan seminar ini turut mengundang peserta dari Kemenag Kanwil Jateng, Kemenag Kota Semarang, kemudian ada dari Lapas kelas 2 Perempuan Semarang, Lapas Kelas 1 Kedungpane Semarang, perwakilan ormas dari NU, Muhammadiyah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,dan lain- lain. Kegiatan berlangsung dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB ini terbagi dalam 2 sesi pemaparan hasil penelitian oleh peneliti. Sesi 1 dimulai pukul 08.30 hingga 12.00 WIB sedangkan sesi kedua dimulai setelah jeda waktu istirahat pukul 13.00 hingga 17.00 WIB. (Ry*)