Peningkatan Kinerja kementerian Agama Melalui Inovasi Zona Integritas
  • 21 Maret 2022
  • 190x Dilihat
  • berita

Peningkatan Kinerja kementerian Agama Melalui Inovasi Zona Integritas

Kegiatan rapat persiapan Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI) Balai Litbang Agama Semarang Tahun 2022 dilaksanakan di Hotel Pandanaran Semarang 21 Maret 2022. Kegiatan ini diikuti  peserta sebanyak 27 orang, yaitu : Kepala BLA Semarang, PPK, tim pengelola PMPZI, Staf Tata Usaha, dan BRIN.

Dalam kesempatan ini Kepala BLA Semarang Dr. Samidi mengatakan bahwa pengelolaan PMPZI merupakan bagian dari PERKIN sehingga harus kita laksanakan. Samidi menambahkan, Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI) merupakan penilaian kemajuan pelaksanaan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang dilakukan secara mandiri (self assessment) di lingkungan Kementerian Agama.

Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas mencakup penilaian terhadap dua komponen: Pengungkit dan Hasil. Pengungkit adalah seluruh upaya yang dilakukan Kementerian Agama dalam menjalankan fungsinya, sedangkan Hasil adalah kinerja yang diperoleh dari komponen pengungkit. Lebih lanjut Samidi menjelaskan, hasil dari penilaian PMPZI berguna untuk mewujudkan proses perbaikan bagi Kementerian Agama melalui inovasi dan pembelajaran, meningkatkan kinerja Kementerian Agama secara berkelanjutan. Ujar Samidi

Priyono