Penguatan Moderasi Beragama
  • 30 Agustus 2022
  • 106x Dilihat
  • berita

Penguatan Moderasi Beragama

Bersamaan dengan kegiatan yang dilakukan di Banjarmasin, sebagian tim dari Balai Litbang Agama Semarang juga menyelenggarakan kegiatan penyusunan naskah akademik dengan tema “Penguatan Moderasi Beragama”. Acara berlangsung di Hotel Grand Palace Denpasar Bali (30/8) di ikuti oleh peserta dari FKUB Prov Bali, Kanwil Kementerian Agama Bali dan Kemenag Kota Denpasar.

Memperkenalkan sekilas mengenai BLA Semarang sekaligus membuka acara, Arif Gunawan mewakili Kepala Balai menyampaikan bahwa kegiatan ini menggandeng peneliti dari BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) Joko Tri Haryanto yang juga merupakan alumni peneliti dari BLA Semarang. Keterkaitan dengan BRIN memang wajib, karena hubungan penelitian sangat erat. Tema-tema yang akan disampaikan adalah lanjutan dari riset yang pernah dilakukan peneliti kami dahulu.

Menariknya kegiatan penguatan moderasi beragama ini yang hadir adalah tokoh-tokoh dari FKUB dengan latar belakang agama yang berbeda-beda. Tentunya sharing dan diskusi nantinya akan lebih kaya akan ilmu maupun pengalaman yang sangat berguna.

Beberapa tujuan kegiatan ini adalah mengetahui implementasi dari kebijakan yang ada, dan bagaimana kendala serta harapan terkait dari tema moderasi beragama. Kegiatan sebelumnya kami mengundang dari unsur akademisi dan praktisi, sekarang lebih banyak dari stakeholder. Semoga kegiatan ini memberi kita manfaat sehingga berdampak dalam kehidupan yang lebih harmonis.