Pendidikan Agama di Era Pandemi Covid 19
  • 28 September 2020
  • 610x Dilihat
  • berita

Pendidikan Agama di Era Pandemi Covid 19

Balai Litbang Agama (BLA) Semarang pada 28 September 2020 mengadakan kegiatan " Seminar Hasil Penelitian Isu-Isu Aktual " di The Azana Hotel Semarang.

Kegiatan ini diikuti 40 peserta terdiri dari Peneliti, Kemenag Kota Semarang, Kanwil Kemenag Prop. Jateng, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Pertama, dan Pondok Pesantren.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. Samidi (Kepala BLA Semarang) Dr. H. Nur Abadi, M.Pd (Kabid PD. Pontren Kanwil Kemenag Jateng), Dr. Karnadi Hasan, M.Pd (UIN Walisongo).

Dalam acara pembukaan Kepala Balai Litbang Agama Semarang Dr. Samidi mengatakan, kegiatan penelitian ini mengambil lokasi di SMA Takhasus Wonosobo, MAN 2 Yogyakarta, Pontren Salaf dan Khalaf di Yogyakarta, MAN Kabupaten Tegal, SMP Muhammadiyah Tonjong Brebes, SMA Kristen Purwokerto, SMAIT Purwokerto dan Pontren Inklusi di Kabupaten Semarang.

Tujuan penelitian ini untuk menyingkapi proses belajar pada saat masa pandemi Covid 19. Peneliti harus jeli membaca fenomena pendidikan dimasa pandemi ini. Bagaimana karakter pendidikan yang tampil, atau justru sebaliknya jadi awal runtuhnya pendidikan karakter.

Hasil penelitian ini harus ada rekomendasi yang bermanfaat untuk pemerintah dalam rangka mengambil kebijakan.

BLA Semarang merupakan satker dari Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI mempunyai tugas dalam pelayanan. Untuk itu kami siap memberikan pelayanan pada masyarakat khususnya berkaitan dengan penelitian dan hasil kelitbangan.

Diakhir sambutannya Dr. Samidi mengharapkan hasil penelitian ini bermanfaat bagi kemaslahatan umat khususnya dalam dunia pendidikan.

 

Priyono