Pembahasan Ke-1 Jurnal Analisa Volume 7 Nomor 1 Tahun 2022
  • 27 April 2022
  • 114x Dilihat
  • berita

Pembahasan Ke-1 Jurnal Analisa Volume 7 Nomor 1 Tahun 2022

Kegiatan Pembahasan Ke 1 Jurnal Analisa Volume 7 Nomor 1 Tahun 2022 dilaksanakan di Hotel Horison Inn Alaska Semarang 27 April 2022. Hadir sebagai narasumber adalah Muhammad Misbah, Lc., M.Hum. Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Yahyawiyyah Kudus. Hadir sebagai peserta sebanyak 27 orang dari tim jurnal analisa, dan peneliti BRIN.

Ketua tim Jurnal Analisa Aji Nugroho menginformasikan saat ini 19 artikel masuk di tim editor, 6 artikel tertolak karena tidak memenuhi syarat. Narasumber yang hadir saat ini termasuk editor jurnal Analisa, untuk itu nanti bisa menyampaikan kualitas dari artikel yang direview. Pengelola Jurnal Analisa berharap banyak pada editor dalam mereview artikel yang ada, sehingga bisa mendapatkan artikel yang benar-benar memenuhi standar.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Balai Litbang Agama Semarang Dr. Samidi menyampaikan pesan kepada pengelola jurnal Analisa untuk bersiap-siapdari sekarang. Karena target kita adalah menembus jurnal Scopus. Sehingga mau tidak mau tampilan Analisa saat ini harus berubah sesuai aturan dan persyaratan yang ada di Scopus. Banyak hal yang harus dirubah di jurnal Analisa, antara lain : sistem OJS nya, jumlah kata/karakter, dan spesifikasi kajiannya. Selama ini terlalu banyak kata/karakter, dan kajiannya belum spesifik, karena merupakan kajian dari 3 bidang penelitian.

Diakhir sambutannya Dr. Samidi mengharapkan kepada pengelola jurnal Analisa sebelum publish untuk membuat laporan dari proses awal analisa sampai akhir. Laporan tentang penyusunan dan pembahasannya itu berisi catatan dari narasumber, editor/reviewer yang dijilid dan disimpan dalam file tersendiri. Ujar Samidi.

Priyono