Narasi Wacana Keagamaan Moderat di Media Sosial
  • 30 Agustus 2022
  • 207x Dilihat
  • berita

Narasi Wacana Keagamaan Moderat di Media Sosial

(Banjarmasin, 30 Agustus 2022) Dalam rangka menjalankan salah satu program dari Kementerian Agama terkait moderasi beragama, Balai Litbang Agama Semarang mengadakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) produk akademik. Tema yang diambil adalah wacana Keagamaan Moderat. Acara yang dihelat di Hotel Zuri Express Banjarmasin pada hari ini (30/8) menghadirkan peserta dari kalangan akademisi kampus dan pondok pesantren.

Kasubbag TU Balai Litbang Agama Semarang, Nanang Slamet Murdiyat, dalam sambutannya mewakili Kepala Balai Litbang Agama Semarang mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka mensukseskan salah satu program kerja Kementerian Agama yaitu terkait moderasi beragama. “jika ditilik lebih dalam lagi akhir-akhir ini, di medsos belum banyak muatan wacana berupa dakwah ulama yang moderat”, ungkap Nanang. “Karena banyak paham radikal beredar melalui medsos ini, maka perlu diambil Langkah untuk melahirkan kebijakan-kebijakan yang bisa diambil dan diamalkan nantinya”, imbuhnya.

Turut hadir sebagai narasumber yaitu Moch Lukluil Maknun, peneliti Badan Riset Inovasi yang juga merupakan mantan peneliti Balai Litbang Agama Semarang. Ulil, sapaan akrab Moch Lukluil Maknun, sudah tak asing lagi di Banjarmasin dikarenakan memang sudah melakukan penelitian di tahun sebelumnya. Tujuan kegiatan ini adalah selain sosialisasi hasil penelitian kepada kalangan akademisi juga untuk menyempurnakan bahkan menguatkan kembali kebijakan-kebijakan dari hasil penelitian yang sudah dituang dalam bentuk Policy Paper. (Ry*)