KEJAR TAYANG REPOSITORI NASKAH KEAGAMAAN MADURA

KEJAR TAYANG REPOSITORI NASKAH KEAGAMAAN MADURA

Tim Peneliti Bidang Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi tengah berupaya menyelesaikan proses edit foto naskah keagamaan Madura yang nantinya adakan disusun sebagai sebuah repositori. Sebagaimana disampaikan oleh Lukluil Maknun (Koordinator penyusunan Repositori Naskah Keagamaan) dalam rapat Pengembangan Penyusunan Repositori Online Naskah Keagamaan Madura Tahap II yang diselenggarakan pada tanggal 15 Juni 2020 di Hotel Pandanaran, bahwa dari 268 naskah keagamaan Sumenep yang telah diedit dan di upload sebanyak 58 naskah, sehingga masih ada 210 naskah yang harus segera diselesaikan prosesnya.

Kemudian dari 210 naskah tersebut dikurangi naskah yang berupa Al-Qur’an sebanyak 44 naskah, sehingga masih tersisa 166 naskah. Hingga saat ini tim edit foto naskah yang terdiri dari 15 orang telah berhasil menyelesaikan sebanyak 87 naskah, ditambah bantuan dari personil Majalah AMANAT UIN Walisongo Semarang sebanyak 20 naskah  Dengan demikian sebanyak 107 naskah telah dapat diselesaikan.

Dr. Samidi, M.S.I. dalam sambutannya menyatakan, Kita masih ada naskah keagamaan Bali, ke depan ini akan menjadi pilot Project penyusunan Katalog Naskah-Naskah Keagamaan Bali. Dan sangat mungkin bahwa dari hasil Katalog tersebut didaftarkan pada Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sebagai karya para peneliti Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi Balai Litbang Agama Semarang.

Rapat Penyusunan Repositori Online Naskah Keagamaan Madura Tahap II berlangsung di Hotel Pandanaran pada tanggal 15 Juni 2020. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan sesuai peraturan yang berlaku. [SE]