KEBIJAKAN PEMERINTAH BERBASIS HASIL RISET
  • 28 November 2014
  • 229x Dilihat
  • berita

KEBIJAKAN PEMERINTAH BERBASIS HASIL RISET

Balai Litbang Agama Semarang, baru-baru ini menyelenggarakan publikasi hasil penelitian di Yogyakarta. Acara yang digelar sejak 25 hingga 28 Nopember 2014 tersebut, berlangsung di Grand Zuri hotel Yogyakarta. Dalam event tersebut  diikuti oleh peneliti, dosen, widyaiswara, tokoh lintas agama, guru SMA, guru MTs, dan para penjabat dilingkungan Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah serta Daerah Istimewa Yogyakarta.

Secara resmi acara publikasi dibuka oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Abdurahman Mas’ud, Ph.D, diantara sambutannyabeliau mengatakan bahwa untuk dapat mengetahui hasil penelitian telah digunakan oleh user atau pengambilkebijakan, makaperlu dibuat list hasil penelitian selama sepuluh tahun terakhir. Menurutnya, ini perlu dilakukan untuk mengukur kualitas hasil penelitian. Selain itu pula, bahwa keberhasilan suatu penelitian tidak hanya bergantung kepada satu lembaga saja, melainkan harus menjalin jaringan dengan lembaga lain.

Sementara itu, Prof. Dr. Koeswinarno, M.Hum, selaku Kepala Balai Litbang Litbang Agama Semarang menyampaikan terdapat 4 hasil penelitian yang dipublikasikan. Pertama tentang pendirian rumah ibadah: antara regulasi dan praktik. Kedua, tentang peran (Rohis) kerohanian Islam. Ketiga, mengenai kesiapan madrasah dalam melaksanakan kurikulum 2013, dan keempat mengenai kajian buku-buku keagamaan di SMA.