Kaban Prof. Suyitno: Pustakawan harus memiliki skiil IT

Kaban Prof. Suyitno: Pustakawan harus memiliki skiil IT

Pustakawan harus mampu memilah dan memilih, tidak asal digitalisasi. Jika menginginkan selain produk Kemenag juga didigitalisasi harus mengantongi izin dari penerbit atau kedepannya beli yang sudah bentuk e-book saja sehingga tidak perlu repot untuk mendigitalisasi.

Hal ini dikatakan Prof. Suyitno dalam Kegiatan Koordinasi Pengembangan Koleksi Perpustakaan Digitalisasi Perpustakaan dengan tema “Sinkronisasi Data Produk Digital Hasil Kelitbangan dan Kediklatan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI,” di Orchardz Hotel Industri Jakarta, tanggal 13 s.d. 15 April 2023.

Lebih lanjut Suyitno menuturkan untuk mendukung digitalisasi pengelola perpustakaan harus memiliki kemampuan dalam bidang informasi teknologi (IT). Dengan kemampuan ini akan meningkatkan pelayanan sekarang serba online.

“Seluruh data yang sudah tedigitalisasi dan masuk dalam sistem online harus memiliki proteksi yang kuat, agar hackers tidak bisa masuk ke sistem,” tandas Suyitno Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

(Siska Nur Apriyani)