KA BLAS Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Video Konten Moderasi Beragama di Acara Uji Validasi Panduan Moderasi Beragama
  • 5 November 2021
  • 110x Dilihat
  • berita

KA BLAS Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Video Konten Moderasi Beragama di Acara Uji Validasi Panduan Moderasi Beragama

(Yogyakarta, 05 November 2021) Hari kedua pada rangkaian uji validasi panduan moderasi beragama di media sosial untuk guru/pembimbing dan gen z, dihadiri oleh beberapa perwakilan siswa-siswi pengurus OSIS dari MAN dan SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Selain itu, diundang pula lima pemenang video konten moderasi beragama untuk diberikan hadiah secara simbolis oleh Kepala Balai Litbang Agama Semarang (Dr. Samidi, M.S.I.). Bertempat di ruang Mulia 1 Hotel Grand Zuri Malioboro Yogyakarta, kegiatan uji validasi dimulai pada pukul 08.00 WIB. Pada pembukaan acara, Kepala Balai Litbang Agama Semarang memberikan sambutan dan membuka secara resmi kegiatan uji validasi tersebut. Pada sambutanya, Dr. Samidi merasa bangga dan bahagia atas kinerja peneliti dari 3 balai penelitian (BLA Semarang, BLA Jakarta, dan BLA Makassar) yang berkolaborasi dalam pembuatan buku panduan ini.

Gen Z/ generasi milenial memiliki peran besar dalam pembangunan bangsa, oleh sebab itu pilihan membidik gen Z untuk diajarkan moderasi beragama sangatlah tepat, salah satunya dengan membuat film pendek bertema moderasi beragama. Gen Z adalah generasi yang masih lemah secara literasi, sebagian dari mereka tidak mengenal sejarah di lingkungannya masing-masing bahkan cenderung abai dikarenakan ketergantungannya pada gadget dan media sosial. Nilai literatur mereka cenderung ideologis, jika sudah dimasuki paham anti toleransi menjadi sangat berbahaya. Dr. Samidi menyebutkan dalam penelitian iswanto, kencenderungan gen Z adalah mengikuti dalil apa adanya, keberagaman islam hanya dipahami ibarat hitam putih saja, sebatas halal dan haram. Kemudian gen Z juga masih idealis, oleh sebab itu dari penelitian kami, membidik gen Z yang sangat rentan dengan dunia maya supaya ada filter dalam menghadapi era digital ini.

Kegiatan ini baik untuk kita galakkan supaya generasi milenial menjadi paham dengan moderasi beragama malui ilustrasi dan video-video koten moderasi beragama. Beberapa video moderasi beragama dari pemenang yang sudah di upload pada media sosial Balai Litbang Agama Semarang sudah cukup bagus dan kreatif. Hasil dari audio visualisasi film pendek ini merupakan suatu kehormatan bagi kami, dari 250 video yang masuk, disaring hingga menjadi 15 video yang memenuhi kriteria, kemudian dari 15 video tersebut dipilih 5 video terbaik sebagai pemenang 1-5 dan 10 video lainnya sebagai juara harapan. Penilaian video-video ini secara professional, murni dari panitia, tidak ada pemenang yang direka-reka oleh panitia. Diakhir sambutannya Dr. Samidi menyampaikan selamat kepada pemenang-pemenang video konten moderasi beragama dan memberikan piagam penghargaan serta hadiah secara simbolis kepada peserta juara 1 sampai 5.

Pemenang I: Tim Riska Ayu Maharani Bachtiar dari SMA Negeri 2 Purwokerto dengan judul video “Sebuah Tamparan”

Pemenang II: Tim Miftah Pradika Putra dari UNISNU Temanggung dengan judul video “Rukun”

Pemenang III: Tim M. Muhtar Fajar dari UIN Raden Patah Surakarta dengan judul video “Bersahaja”

Pemenang IV: Tim Zulfa Ariella dari MAN I Kab. Magelang dengan judul video “Rukun Agawe Santosa”

Pemenang V: Tim Alvaro Dewangkara dari MA 2 Kab. Semarang dengan judul video “Nyadran”

Usai acara pembukaan, dilanjutkan dengan pemaparan materi  oleh narasumber dari Wahid Foundation yang juga seorang penulis dan aktivis muda nahdlatul ulama yaitu Kalis Mardiasih. Kalis memaparkan materi dengan tema panduan menyusun kontra – narasi dan narasi alternatif, berlanjut diskusi dengan peserta hingga pukul 11.30 WIB. Di sesi siang, kegiatan diisi dengan pemutaran video pemenang I – 5 dan masing – masing pemenang menceritakan proses pembuatan videonya. Acara uji validasi ini berakhir pada pukul 17.00 WIB.