Islam dalam Teks dan Konteks di Era Milenial
  • 23 Mei 2022
  • 167x Dilihat
  • berita

Islam dalam Teks dan Konteks di Era Milenial

(Mataram, 23 Mei 2022) Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang bekerja sama dengan UIN Mataram menghelat kegiatan Ekspos Produk Kelitbangan bertajuk “Islam dalam Teks dan Konteks di Era Milenial”. Kegiatan yang berlangsung di Auditorium UIN Mataram, Nusa Tenggara Barat pada tanggal 23-25 Mei 2022 ini bertujuan untuk sosialisasi dan memperkenalkan hasil-hasil penelitian Balai Litbang Agama Semarang. Selain itu juga memperkenalkan nilai-nilai keislaman kepada peserta yang hadir.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Balai Litbang Agama Semarang Dr. Samidi, S.Ag., M.S.I. ; Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Masnun Tahir, M. Ag. ; serta TGB Dr. KH. M. Zainul Majdi, Lc. M.A. ; kemudian selaku narasumber adalah kalangan dosen, penulis, dan akademisi lainnya diantaranya adalah Sefrianus Juhani, S. Fil. Lic. ; Prof. Dr. H. Masnun Tahir, M. Ag. ; Dr. Samidi, S.Ag., M.S.I.; Joko Tri Haryanto, M.S.I. ; Dr. H. Lalu Agus Satriawan, M.A. ; Muhammad Nabil Fahmi, S. Pd. ; Drs. Ma'ruf, S.H., M.Ag. ; dan Dr. Emawati, M. Ag.;

Dalam Pidato Pembukaannya, Samidi mengungkapkan bahwa pengelolaan jurnal kita di Badan Litbang dan Diklat termasuk yang paling berkembang dan maju karena sudah sinta 2 dan terindeks scopus, khusus Analisa sudah berbahasa Inggris artikelnya.

“Mengelola jurnal harus bersifat ikhlas karena tidak ada honornya, Kita apresiasi sekali untuk penulis dan pengelola jurnal”, ungkap Samidi. Perlu diketahui, Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu wilayah kerja dari Balai Litbang Agama Semarang dari 9 provinsi wilayah kerja Balai Litbang Agama Semarang. Selain untuk memperkenalkan produk hasil kelitbangan juga menjalin kerja sama dengan UIN Mataram dengan penandatanganan MoU untuk kedepannya.

Samidi juga menyampaikan selain urusan jurnal, Balai Litbang Agama Semarang juga sedang melakukan inventarisir dan digitalisasi naskah agama dan keagamaan karya ulama terdahulu (manuskrip kuno). Diantaranya naskah keagamaan di Madura yang sudah rampung, 178 naskah keagamaan Islam di Bali yang sedang digarap, dan naskah keagamaan di Lombok nantinya.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan itu, jumlahnya ratusan, terdiri dari Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram dan dari berbagai kalangan akademisi. Peserta yang datang setiap harinya berbeda-beda dari hari sebelumnya meskipun ada beberapa yang sama. Tak lupa pula untuk menarik perhatian peserta, panitia juga mengadakan kegiatan games dan pembagian hadiah menarik berupa buku, jurnal, dan merchandise menarik lainnya kepada peserta yang hadir pertama dan peserta yang aktif bertanya di forum diskusi.

Bagaimana menghadirkan agama agar menjadikan sumber inspirasi kehidupan kita semua

Dalam Keynote Speech nya TGB Dr. KH. M. Zainul Majdi, Lc. M.A. mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Balai Litbang Agama Semarang yang sudah mengadakan acara ini.

“Terima kasih kepada BLA Semarang yang sudah mengadakan kegiatan yang sangat bermanfaat ini terutama untuk mahasiswa. Cukup banyak karya-karya dan publikasi yang bagus terkait wasillah keagamaan yang diteliti oleh Balai Litbang Agama Semarang”, ungkap TGB.

TGB juga menyampaikan tentang nilai keislaman dan Kemanusiaan bagaimana mendekonstruksi, mempreteli dari pemikiran ekstrim.

“Bagaimana menghadirkan agama agar menjadikan sumber inspirasi kehidupan kita semua, Kemudian bagaimana menghadirkan agama menjadi lebih hidup di tengah-tengah kehidupan kita”, tambah TGB.

TGB juga berpesan kepada para hadirin agar jangan sampai di kampus-kampus menjadi sarang perkembangbiakan kelompok dengan pemikiran ekstrim dan Radikal. (ry*)