BLA Semarang Susun Modul Penelitian Tindakan Kepengawasan
  • 27 Juni 2019
  • 171x Dilihat
  • berita

BLA Semarang Susun Modul Penelitian Tindakan Kepengawasan

Balai Litbang Agama Semarang sedang berkonsentrasi menyusun modul penelitian tindakan kepengawasan (PTKp). Tahap pengumpulan literatur dilaksanakan dengan model Focus Group Discussion 27 Juni 2019, di Hotel Regina, Pemalang. Sejumlah pengawas MI, MTs, dan MA, serta Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama berpartisipasi dalam kegiatan itu.

Koordinator Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Dr. Aji Sofanudin, M.Pd. mengatakan, penyusunan modul tersebut merupakan bagian dari tusi BLA Semarang untuk melaksanakan kegiatan pengembangan di bidang pendidikan keagamaan. Adapun modul PTKp tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian “Penelitian Indeks Kepuasan Madrasah terhadap Kinerja Pengawas” (2016).

Modul ini nantinya memuat konsep dasar penelitian dan metode penelitian tindakan kepengawasan. Penyusunan modul ini merupakan upaya untuk mempermudah bagaimana mengukur kinerja pengawasa dan kepuasan terhadapnya, serta bagaimana meningkatkan efektivitas kegiatan kepengawasan madrasah. (syafa’)