BLA Semarang Segera Rampungkan Aplikasi Panduan Ibadah Haji
  • 24 Februari 2021
  • 200x Dilihat
  • berita

BLA Semarang Segera Rampungkan Aplikasi Panduan Ibadah Haji

(Semarang, 24 Februari 2021) Tim Peneliti Bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Balai Litbang Agama Semarang kembali mengadakan kegiatan “Penyusunan Panduan Ibadah haji (Membimbing Jamaah Haji Menjadi Mabrur dan Mandiri)”. Kegiatan ini merupakan tahap akhir dari penyusunan panduan ibadah haji tersebut. Kegiatam yang diadakan di Hotel Santika Premiere Semarang di bilangan Pandanaran ini akan mengusung panduan ibadah haji berbentuk aplikasi berbasis android dan apple.

Kepala BLA Semarang, Dr. Samidi, MSI Mengungkapkan bahwa aplikasi ini diharapkan bisa membantu calon jamaah haji agar lebih memudahkan dalam perjalanan ibadah haji nantinya. Sebelumnya panduan ini selalu berbentuk buku saku, namun praktik di lapangan menunjukkan bahwa buku panduan tersebut jarang atau bahkan tidak pernah dimanfaatkan oleh jamaah haji. Menyikapi buku-buku panduan yang sudah ada saat ini, banyak yang tidak dibaca ataupun bahkan dibuka untuk dipelajari, sehingga butuh panduan yang praktis dengan narasi singkat dengan gambar/visual yang lebih menarik. Sehingga agar lebih memudahkan bagi pengguna / stakeholders

“Hal ini dikarenakan masih kurangnya minat baca dan lebih sering diletakkan saja. Dengan kemajuan teknologi saat ini, BLAS ingin membuat panduan ibadah haji ini menjadi lebih simple dan bisa dengan mudah diakses serta dipahami para jamaah, yaitu dalam bentuk aplikasi perangkat mobile. Juga akan tetap dibuatkan dalam bentuk buku namun akan dikemas lebih simple dan lebih mudah dipahami nantinya”, lanjut Samidi.

Adapun sebagai narasumber dalam kegiatan kali ini yaitu Drs. H. Mahlail Syakur, M. Ag. dan sebagai narasumber kedua adalah Mustaghfirin, keduanya adalah sama-sama dari Universitas Wahid hasyim Semarang. Kedua narasumber ini memaparkan tentang perjalanan ibadah haji dari kepulangan dari tanah suci dan dilanjutkan dengan menjaga kemabruran haji. Mulai dari hal-hal umum sampai detail terkait kendala-kendala apa saja yang terjadi nantinya pada jamaah haji saat tiba di tanah air. Kemudian sesi berikutnya adalah membahas rencana format digital dari buku panduan tersebut.

Paparan narasumber ini nantinya untuk memberikan gambaran serta masukan kepada peneliti untuk mematangkan konsep aplikasi ini. Kegiatan ini diikuti oleh 21 peserta dan turut hadir pula perwakilan dari Kemenag Kanwil Jawa Tengah dan PCNU Kota Semarang. Kegiatan berlangsung dengan tertib dan lancar dari pukul 08.00 – 13.00 WIB. Diakhiri dengan sesi diskusi interaksi saling bertukar pendapat antara peserta khususnya dari para peneliti bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan dengan narasumber. (BLAS/Ry*)