BLA Semarang Pamerkan Jurnal di UIN Suka

BLA Semarang Pamerkan Jurnal di UIN Suka

Balai Litbang Agama (BLA) Semarang menggelar Ekspose Hasil Kelitbangan Jurnal Analisa dan Jurnal SMART. Kegiatan ekspose ini dihelat selama 3 hari, yakni 17 s.d. 19 Mei, di Gedung Prof. Soeharto UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan target audiece dari kalangan sivitas akademika seperti mahasiswa S1, mahasiswa S2, dan dosen.

Kepala BLA Semarang Dr. Samidi, S.Ag., M.S.I. mengatakan, bahwa kegiatan ekspose ini adalah untuk mempopulerkan Jurnal yang diterbitkan oleh BLA Semarang. Meskipun sudah tidak memiliki fungsi penelitian dan pengembangan, tetapi BLA Semarang masih mengelola penerbitan 2 jurnal, Analisa dan SMART.

“Ekspose ini akan diadakan di beberapa wilayah, ekspose pertama produk kelitbangan di UIN Suka dan nanti juga di UIN Mataram. Ini adalah salah satu bentuk dari diskusi publikasi,” kata Samidi.

Kegiatan ekspose ini diformat dalam bentuk seminar dan pameran. Ada 3 seminar dalam 3 hari, dan juga pameran produk kelitbangan yang didesain dalam 5 booth .

Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Al Makin mengapreasiasi kerjama ekspose hasil kelitbangan ini. Beliau bersyukur kolaborasi antarlembaga mulai terjalin dan bergeliat kembali setelah diterpa pandemi Covid-19.

Dalam konteks jurnal, seperti dipaparkan Al Makin, publikasi di bidang ilmu sosial itu menurun. Aspek yang menurun terutama pada international collaboration.

“Pada masa pandemi tidak ada orang yang keluar untuk melakukan riset di masyarakat. Pandemi ini jelas menurunkan gairah orang untuk menulis artikel ilmiah di jurnal,” kata Al Makin.

Al Makin mengingatkan, kekurangan pada jurnal belakangan ini adalah pembaca. Sebagaimana kata Roland Barthes, sekarang ini adalah masanya writer without reader. Policy maker juga kurang membaca hasil riset sebelum mengambil keputusan atau kebijakan.

Karena itu, ekspose jurnal yang dilakukan BLA Semarang diharapkan mampu meningkatkan popularitas agar pembacanya semakin banyak. Di samping untuk meningkatkan kualitas jurnal itu sendiri. (syafa)