BLA Semarang Finalkan Katalog Naskah Keagamaan Bali
  • 14 Oktober 2021
  • 111x Dilihat
  • berita

BLA Semarang Finalkan Katalog Naskah Keagamaan Bali

Balai Litbang Agama (BLA) Semarang menggelar kegiatan finalisasi Katalog Naskah Keagamaan Bali, Kamis 14 Oktober 2021. Kegiatan ini diinisiasi oleh tim peneliti Bidang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) BLA Semarang.

Koordinator Bidang LKKMO Roch. Aris Hidayat mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian akhir dari kegiatan pengembangan katalog naskah keagamaan di Bali. Finalisasi ini dimaksudkan untuk menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang ada pada draf katalog.

"Mudah-mudahan nantinya katalog naskah keagamaan Bali ini bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Seperti katalog naskah keagamaan Madura yang sudah diterbitkan dan direspon positif oleh masyarakat," kata Aris.

Secara teknis finalisasi ini adalah upaya menindaklanjuti berbagai masukan dan saran dari kegiatan uji validasi yang dilaksanakan pada September lalu. Beberapa masukan lebih banyak menyasar terkait desain grafis dan tata letak. Meskipun ada juga sejumlah saran terkait transliterasi Arab.

Agus Iswanto, Ketua Tim Penyusun Katalog Naskah Keagamaan Bali, menjelaskan bahwa saran-saran yang masuk selama uji validasi ini memang sebagian bisa kita eksekusi. Misal desain cover dan layoutnya. Tapia da juga yang belum bisa dieksekusi, misal usulan untuk mentransliterasikan judul-judul naskah ke Bahasa Arab. (syafa)