Belajar e-Journal pada BLA Semarang
  • 8 Juni 2016
  • 150x Dilihat
  • berita

Belajar e-Journal pada BLA Semarang

Semarang (8 Juni 2016). “Penelitian tanpa jurnal adalah sia-sia. Seribu penelitian tidak akan berguna jika tidak ada jurnal yang mempublikasikannya”. Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Balai Litbang Agama (BLA) Semarang, Prof. Koeswinarno padasaat memberikan pengantar kegiatan Bimbingan Teknis e-journalRabu (8/6).

Bimbingan teknis (Bimtek) e-journal diikuti oleh pengelola jurnal dari Sekretariat Badan Litbang dan Diklat yang diwakili oleh Taufik Budi Sutrisno, Abas, dan Dewi Indah Ayu serta pengelola jurnal Puslitbang Kehidupan Keagamaan yang diwakili oleh Akmal Salim Ruhana dan Rahmah Nur Fitriani. Sedangkan pengelola e-journal“Analisa” BLA Semarang yang menjadi narasumber pada bimtek tersebut terdiri dari Mustolehudin sebagai journal manager, Purbaya sebagai journal developer, dan Zakiyah sebagai section editor.

Pengelola jurnal dari Pusat sengaja datang ke BLA Semarang untuk belajar langsung mengenai manajemen e-journal dan teknis penerbitan e-journal kepada BLA Semarang yang terlebih dahulu sudah menerbitkan jurnal secara online sejak awal tahun 2015.

BLA Semarang merupakan pioner dalam penggunaan e-journal sebagai salah satu media publikasi hasil penelitian. “Analisa”sebagai jurnal terbitan BLA Semarang dibuat dalam bentuk cetak sejak tahun 1996, namun kini telah beralih menjadi e-journaldengan akreditasi nasional atas dasar SK Kepala LIPI Number 543/AU1/P2MI-LIPI/06/2013.

E-journal adalah publikasi dalam format elektronik dan mempunyai ISSN (International Standard Serial Number). Jurnal elektronik juga diartikan sebagai penyampaian informasi dan komunikasi atau jurnal secara onlinee-journal menyediakan seperangkat alat yang dapat memperkaya nilai suatu jurnal konvensional (terbitan dan kajian secara mendalam) sehingga dapat menjawab tantangan globalisasi. e-journal tidak berarti menggantikan model jurnal konvensional, tetapi memperkuat jurnal tersebut melalui pengelolaan penulis, karya tulis dan tanggapan atas karya tersebut, bahkan sampai pada tingkat mendiskusikan secara tak terbatas.

“Harapan kami dalam waktu dekat dapat mengejar ketinggalan dalam e-journal ini, sehingga semua produk penelitian yang sudah maupun akan dipublikasikan dapat diakses oleh masyarakat yang lebih luas,” ujar Taufik disela-sela Bimtek. Pernyataan tersebut sekaligus menjadi motivasi bagi pengelola e-journal.[]

Akhirnya, ucapan terima kasih tak lupa disampaikan oleh tim e-journal dari pusat kepada Kepala BLA Semarang dan para pengelola e-journal “Analisa” atas sharing ilmu dan informasi mengenai pengelolaan e-journal. Semoga e-journal kami segera terwujud. []