Tradisi Perkuat Silaturahmi
  • BLA Semarang
  • 2 Mei 2023
  • 139x Dilihat
  • berita

Tradisi Perkuat Silaturahmi

Keluarga Balai Litbang Agama Semarang merayakan puncak kemenangan Ramadhan dalam acara Pembinaan Pegawai , Selasa 02 Mei 2019. Kegiatan pembinaan bertema “Halal Bihalal: Silaturrahmi Merawat Tradisi dan Menjaga Harmoni” ini dihadiri oleh seluruh pegawai, pensiunan, dan eks-peneliti BLA Semarang yang sudah bertugas di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Digelar di aula kantor BLA Semarang, acara ini juga dihadiri oleh Kepala BLA Jakarta, Kepala Balai Diklat Keagamaan Semarang, dan delegasi pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Semarang.

Kepala BLA Semarang, Anshori, mengatakan silaturahmi ini adalah momen untuk mempertemukan kembali orang-orang yang sudah purna tugas, juga orang-orang yang sudah berbeda lembaga. Tidak bisa dipungkiri, perpindahan para peneliti ke BRIN adalah perpisahan karena adanya regulasi.

“Meski pertemuan setahun sekali, namun ruh silaturahmi tertanam setiap waktu,” kata Anshori.

Muchammad Toha, selaku mubaligh, dalam kesempatan ini menegaskan bahwa halal bihalal adalah salah satu ikhtiar merawat tradisi yang esensinya menjaga silaturahmi. Halal bihalal memang tidak ada dalam tradisi nabi dan sahabat, tradisi ini adalah kreasi para ulama salaf tradisional di Indonesia untuk menjaga persatuan bangsa.

Toha menjelaskan, halal bihalal adalah masukan para ulama kepada Bung Karno yang tengah kebingungan merumuskan cara untuk mempersatukan umat islam pasca DITII yang menimbulkan perpecahan di kalangan Islam. Maka Bung Karno pergi ke Jombang untuk menemui para kiai, dan hasilnya adalah masukan untuk mengadakan halal bihalal.