Penyuntingan : Bagian Esensial dalam Penulisan yang Memudahkan Berimprovisasi
  • admin blas
  • 11 Mei 2023
  • 103x Dilihat
  • berita

Penyuntingan : Bagian Esensial dalam Penulisan yang Memudahkan Berimprovisasi

Rangkaian kegiatan Jurnal Analisa telah memasuki tahap penyuntingan Bahasa. Tahap ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas suatu artikel supaya nantinya akan tersaring artikel yang memiliki bahasa yang baik, benar, dan mudah dipahami pembaca. Dua poin penting yang dibahas dalam kegiatan kali ini adalah regulasi baru terkait penyuntingan artikel dan Apa saja tools atau peralatan yang bisa membantu dalam penyuntingan artikel.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Dafam Semarang, tanggal 11 Mei 2023, hadiri editor dan redaktur dari Jurnal Analisa maupun Jurnal SMaRT, peneliti Brin. Zummy Anselmu selaku narasumber mengatakan dami yang membahas regulasi baru terkait Arjuna. Regulasi baru tersebut berdasarkan Keputusan Kemenristekdikti Nomor 134 Tahun 2021 tentang Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah.

Keputusan tersebut terkait unsur dan bobot penilaian. Penilaian tersebut diantaranya memuat setidaknya beberapa poin, yaitu penamaan jurnal, lembaga penerbit, penyuntingan dan manajemen terbitan, substansi artikel, gaya bahasa penulisan, penampilan, keberkalaan, penyebarluasan, dan disinsentif. “Banyak artikel yang tumpang tindih antara kerangka teori dengan studi terdahulu, hal ini masih menjadi kendala besar bagi penulisan suatu artikel,” tutur Zummy.

Penyuntingan merupakan bagian esensial dalam proses penulisan yang memudahkan berimporvisasi dalam kejelasan, koherensi, konsistensi, dan efektivitas. “Penyuntingan membutuhkan beberapa kemampuan, diantanya adalah kemampuan berbahasa, kemampuan berpikir kritis, dan memperhatikan setiap detail,” ungkap Sukendar.

Menurut Sukendar, tools / aplikasi yang bisa digunakan untuk self editing ada 3 (tiga), yaitu HemmingwayEditor, Grammarly, dan ProwritingAid. Ketiganya merupakan aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk memperbaiki penulisan sebuah artikel terutama dalam bahasa Inggris. (*ry)