Mitigasi Jamaah Haji Lansia

Mitigasi Jamaah Haji Lansia

Permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan pelayanan haji setiap tahun pasti ada. Apalagi yang berkaitan dengan pelayanan pada jamaah haji lansia. Mitigasi dilakukan sebagai bentuk antisipasi terhadap permasalahan yang timbul khususnya berkaitan dengan pelayanan kepada jamaah haji lanjut usia.

 

Hal ini disampaikan Joko Tri Haryanto dalam Kegiatan Penyusunan Naskah Kebijakan Mitigasi Haji Ramah Lansia, di Hotel Pandanaran Semarang, Senin (17/4). Ia menambahkan, sesuai arahan dari Kaban perlu adanya naskah kebijakan mitigasi haji ramah lansia.

 

Kementerian Agama dalam mengimplementasikan konsep pelayanan Haji ramah lansia. Dimensi kebutuhan jamaah haji lansia tentu saja mencakup layanan dari tanah air, di tanah suci, dan kembali ke tanah air. “Mempertimbangkan kondisi jamaah haji lansia seperti kebutuhan ibadah, dukungan fisik, psikologis, perlu mendapatkan perhatian,” ungkap Joko.

 

Lebih lanjut, Joko mengatakan Kementerian Agama tahun 2023 ini mengangkat tagline : Haji Berkeadilan dan Ramah Lansia. Sehingga pelayanan ke jamaah haji lansia berpengaruh terhadap kepuasan jamaah haji secara keseluruhan.