Mitigasi Jamaah Haji Lansia
Permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan pelayanan haji setiap tahun
pasti ada. Apalagi yang berkaitan dengan pelayanan pada jamaah haji lansia. Mitigasi
dilakukan sebagai bentuk antisipasi terhadap permasalahan yang timbul khususnya
berkaitan dengan pelayanan kepada jamaah haji lanjut usia.
Hal ini disampaikan Joko Tri Haryanto dalam Kegiatan Penyusunan Naskah
Kebijakan Mitigasi Haji Ramah Lansia, di Hotel Pandanaran Semarang, Senin
(17/4). Ia menambahkan, sesuai arahan dari Kaban perlu adanya naskah kebijakan
mitigasi haji ramah lansia.
Kementerian Agama dalam mengimplementasikan konsep pelayanan Haji ramah
lansia. Dimensi kebutuhan jamaah haji lansia tentu saja mencakup layanan dari
tanah air, di tanah suci, dan kembali ke tanah air. “Mempertimbangkan kondisi
jamaah haji lansia seperti kebutuhan ibadah, dukungan fisik, psikologis, perlu
mendapatkan perhatian,” ungkap Joko.
Lebih lanjut, Joko mengatakan Kementerian Agama tahun 2023 ini
mengangkat tagline : Haji Berkeadilan dan Ramah Lansia. Sehingga pelayanan ke
jamaah haji lansia berpengaruh terhadap kepuasan jamaah haji secara
keseluruhan.