Mitigasi Haji Ramah Lansia
  • admin blas
  • 10 Mei 2023
  • 60x Dilihat
  • berita

Mitigasi Haji Ramah Lansia

Jamaah haji lansia menjadi permasalahan tersendiri pada proses pelaksanaan ibadah haji, terutama pelayanan pada jamaah lansia, perlu adanya pendampingan. Sehingga perlu adanya rekomendasi untuk pemerintah khususnya Kementerian Agama dalam rangka mengurangi resiko terhadap hal yang tidak diinginkan dalam ibadah haji bagi jamaah lansia.

Demikian disampaikan Joko Tri Haryanto dalam kegiatan Finalisasi Policy Paper Mitigasi Haji Ramah Lansia, di Hotel Dafam Semarang, Rabu (10/5). Peserta kegiatan ini, perwakilan dari Pegawai Balai Litbang, Peneliti BRIN dan Kemenag Propinsi Jawa Tengah.

Joko Haryanto mengatakan bahwa pelayanan haji ramah lansia mengacu pada konsep kota ramah lansia. Dimana pelayanan haji bagi kelompok jamaah haji lansia berorientasi untuk mengakomodir semua fasilitas dan layanan yang dapat diakses oleh jamaah haji lansia, seperti : pelayanan kesehatan, transportasi, hotel atau asrama, partisipasi sosial dan penghormatan, komunikasi dan informasi, dan ibadah.

“Perlu adanya strategi pelayanan haji ramah lansia tahun 2023, diantaranya dengan penyiapan petugas haji ramah lansia, pembimbing haji ramah lansia, penguatan haji ta'awun menuju haji ramah lansia dengan mendorong solidaritas dan saling bantu sesama jamaah haji,” ujar Joko Tri Haryanto Peneliti BRIN.