BLA Semarang akan Melakukan Survei PISA
  • BLA Semarang
  • 13 Juni 2023
  • 45x Dilihat
  • berita

BLA Semarang akan Melakukan Survei PISA

Balai Litbang Agama (BLA) Semarang melaksanakan Kegiatan Pembekalan Petugas Lapangan Survei indeks Numerasi dan Programme for International Student Assessment (PISA) pada jenjang Pendidikan Dasar (MTs), tanggal 13 Juni 2023 di Hotel Pandanaran Semarang. Kegiatan ini dihadiri jajaran pimpinan, dan tamu undangan dari BRIN.

Muhamad Murtadlo mengatakan dosa terbesar peneliti, ketika peneliti dalam pengambilan data tidak sesuai dengan sampling terpilih, kejadian ini pernah dilakukan oleh salah satu peneliti yang melakukan tindakan mengisi instrumen sendiri, terpaksa kami suruh untuk mengulangi.

“Kami mengingatkan, bagi petugas survei untuk melakukanya sesuai prosedur, jika tidak sesuai metode, hasil akhirnya akan kelihatan dan terpaksa akan, kami suruh mengulangi,” ungkap Murtadlo Peneliti Pusat Riset Pendidikan BRIN.

Lebih lanjut Murtadlo, menuturkan survei ini bertujuan untuk menyusun nilai ketercapaian literasi, yang meliputi 6 literasi, yaitu baca tulis, matematika, sains, digital, finansial, dan budaya dan kewarganegaraan.

Sementara itu Kepala Balai Litbang Agama Semarang, Anshori mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu dari delapan kegiatan mandatori dari pimpinan, yang akan dilaksanakan oleh tiga Balai Litbang Agama Jakarta, Semarang, dan Makasar.