KOLABORASI PANDITA DAN LAPAS KLAS IIA PEMUDA TANGERANG DALAM MEMBINA KEAGAMAAN NARAPIDANA BUDDHA

Kemanya Karbono

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Lembaga pemasyarakatan Klas IIA Pemuda Tangerang pada tahun 2012. Dengan menggunakan pendekatan phenomenologic, serta analisis data mengacu pada model Miles and Huberman, dalam penelitian ini diperoleh temuan sebagai berikut. Penyelenggaraan pembinaan keagamaan Buddha bekerjasama dengan organisasi Ikatan  Pemuda  Tionghoa Indonesia  (IPTI)  yang  mengkoordinir para  Romo Pandita. Sistem pembinaan yang digunakan oleh pandita adalah indirect contact (pembinaan dengan pendekatan langsung tatap muka). Pembinaan ini cenderung berpola top down approach (pembinaan dari atas ke bawah). Bentuk pembinaan oleh pandita berupa: (1) Dhamma Desana (ceramah keagamaan) dengan materi sekitar moralitas (sila), meditasi (samadhi) dan kebijaksanaan (panna), motivasi; (2) Latihan membaca paritta dan latihan puja bakti (sembahyang); (3) Vihara Gita (Lagu rohani); dan (4) Dhamma Sadhana (retreat meditasi). Pelaksanaan pembinaan belum memiliki kurikulum, dan evaluasi dilakukan hanya secara lisan. Faktor yang mempengaruhi pembinaan meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa: (1) minimnya sarana pembinaan, (2) tidak ada petugas pembina agama Buddha, (3) kualitas dan ragam pembinaan kurang, dan (4) rendahnya motivasi narapidana. Faktor eksternal berupa: (1) Minimnya koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait baik instansi pemerintah maupun non pemerintah yang concern terhadap pembinaan umat Buddha); dan (2) Rendahnya kepedulian dan keikutsertaan masyarakat dalam pembinaan.

Kata kunci: Pembinaan Keagamaan Buddha, pandita, Lembaga Pemasyarakatan


Full Text:

PDF

References


FISIP UI. 1974. Diktat Tentang Pembinaan Anak Deliquensi, Seri Bacaan Wajib No 6. Jakarta: UI Press.

Harsono. 1995. Sistem Baru Pembinaan

Narapidana. Jakarta: Djambatan.

Jalaludin, 2007. Psikologi Agama. Jakarta: Raja

Grafindo.

Koentjaraningrat. 1987. Kebudayaan, Mentalitet dan Pembangunan. Jakarta: Penerbit PT Gramedia.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif (edisis revisi). Bandung: PT Rosadakarya.

Nyanaponika, Bodhi. .2003. Numerical Discourses of The Buddha. terjemahan Wena, Lanny. Klaten: Vihara Bodhivamsa Wisma Dhammaguna Klaten.

Priyatno, 2006. Sistem Pelaksanaan Pidana Penjara di Indonesia. Bandung: Refika Aditama.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Sanjivaputta, Jan. 1991. II-1. Mangala Berkah Utama. Lembaga Pelestari Dhamma.

Setiawan, Anton. 2009. Pelaksanaan Pembinan

Menurut Undang–Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang pemasyarakatan (Studi di Lapas Klas IIA Binjai). Tesis: Pasca Sarjana USU.

Sudjana, Djuju. 2006. Evaluasi Program Pendidikan luar Sekolah: Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Suprayogo, Tobroni, 2003. Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syukur, Ellyna. 2011. Sitem pemasyarakatan di Indonesia (Sistem Penjara ke Sistem pemasyarakatan). Jurnal Penelitian Hukum APHI, DE JURE. ISSN 1410-5632 Vol. 11. No.2, Maret – Mei 2011.

Perundang-undangan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12

Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan

Keputusan Menteri Kehakiman Republik

Indonesia Nomor: M.02-PK.04.10 Tahun

Tentang Pola Pembinaan Narapidana.

Internet:

Magabudhi Kota Tangerang. 2012. “Sejarah Magabuddhi” http://magabudhi-kotang. org/ diakses, 13 Oktober 2012.

Anak Angkat, Rano Karno dan Obat Terlarang. http://www.kompasiana.com/ diakses, 2

Oktober 2012.

Referensi Lain

Dokumentasi Lapas Tangerang Tahun 2012

Informan

Tetra Destorie Imantoro, Kasi Pembina

Narapidana dan anak didik. Suratmin, Kasi Pembina Narapidana Hendra, Ketua IPTI

Romo Adi Triswantoro (rohaniawan) Romo Kartika Yos (rohaniawan) Romo Adi Triswantoro (rohaniawan) Dede, Rudi, Toni, (narapidana).




DOI: https://doi.org/10.18784/smart.v1i2.251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Kemanya Karbono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.