INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMA EKS-RSBI DI TEGAL

Aji Sofanudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses internalisasi nilai-nilai karakter bangsa melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif model CIPP (Context, Input, Process, Product) penelitian ini menghasilkan empat temuan, yaitu: (1) secara konteks, strategi penanaman nilai-nilai karakter bangsa melalui mata pelajaran agama dilakukan melalui kebijakan kepala sekolah, sistem sekolah, kualitas sarana dan prasarana, serta iklim dan budaya yang mendukung internalisasi pendidikan karakter di sekolah; (2) secara input, internalisasi nilai-nilai karakter bangsa telah dilakukan melalui kualifikasi dan kompetensi guru, input sarana dan prasarana, serta kualifikasi peserta didik; (3) proses internalisasi nilai-nilai karakter bangsa dilakukan melalui kurikulum PAI berupa kegiatan intrakurikuler, kegiatan ekstrakurikuler,  dan pembiasaan sekolah; (4) produk yang dihasilkan dari internalisasi  nilai-nilai karakter bangsa melalui PAI adalah peserta didik yang kompeten dan memiliki karakter yang baik.

Kata kunci: Internalisasi, Nilai-nilai Karakter, CIPP, SMA eks-RSBI


Full Text:

PDF

References


Anwar, Sumarsih. dkk. 2013. Pembentukan Karakter Anak di Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta

Hamid, Hamdani dan Beni Ahmad Saebani.

Pendidikan Karakter Perspektif Islam.

Bandung: Pustaka Setia.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2012.

Pendidikan Karakter Perspektif Islam.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marannu, Baso. 2013. “Quo Vadis Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah yang ‘Berkarakter’,” Makalah Seminar Temu Peneliti Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Hotel Gino Feruci Bandung, 2-4 Oktober 2013.

Muhaimin, dkk. 2012. Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Cetakan ke-5. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sahlan, Asmaun dan Angga Teguh Prasetyo. 2012.

Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan

Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slamet, Achmad. 2013. Bahan Kuliah Ekonomi

Pendidikan, Program Pascasarjana S3

Manajemen Kependidikan UNNES, tanggal

Oktober 2013.

Sofanudin, Aji. 2010. Metodologi Penelitian Ilmu

Tarbiyah. Yogyakarta: Samudera Biru.

Stufflebeam, D. et.al. 1971. Educational Evaluation and Decision Making. Itasca: Peackok.

Soegiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan,Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang

Standar Nasional Pendidikan.

Wibowo, A.M. 2012. Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar Islam Terpadu di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Semarang: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang




DOI: https://doi.org/10.18784/smart.v1i2.248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Aji Sofanudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.