Kepuasan Jamaah Haji Terhadap Pelayanan KBH di Kabupaten Jepara

Sulaiman Sulaiman

Abstract


Abstract 

This research aims to know the level of pilgrims satisfaction on the service of KBH in Jepara district. This study used a mixed methodsapproach, combination of quantitative and qualitative methods. Technique of collecting data used questionnaires, interviews
and observations. This research was expected to give information and theoritical study materials for the general public, especially those related to the policy on the hajj. The results showed that the level of pilgrimssatisvaction was in very high because most of
pilgrims felt very satisfied with the service of KBH. Because of this, people strongly believe in the service of KBH, in both primary service and additional service. KBH faced many obstacles in providing services, specially related to avery limited portion for mentors so
that KBH couldn’t accompany the pilgrimsuntil in the holy land.


Keywords: Pilgrims, satisfaction hajj, service KBH


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan jamaah haji terhadap pelayanan KBH di Kabupaten Jepara. Pendekatan yang digunakan adalah mixed methods, yakni suatu pendekatan yang mengkombinasi kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan questioner, dan hasil temuan
ditindak lanjuti dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara mendalam. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan bahan-bahan kajian teoritik bagi masyarakat umum, khususnya terkait dengan kebijakan mengenai penyelenggaraan
ibadah haji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan jamaah sangat tinggi karena sebagian besar jamaah haji merasakan sangat puas terhadap pelayanan yang dilakukan oleh KBH. Masyarakat sangat percaya dengan pelayanan KBH terutama karena baiknya kualitas pelayanan utama dan pelayanan tambahan. KBH
menghadapi berbagai kendala dalam memberikan pelayanan, terutama terkait dengan porsi pembimbing yang sangat terbatas sehingga KBH tidak bisa mendampingi jamaah
hingga di tanah suci.  


Kata kunci : Jamaah haji, kepuasan jamaah, pelayanan KBH


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18784/analisa.v21i1.27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Sulaiman Sulaiman

Creative Commons License
Analisa: Journal of Social and Religion is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 hit counter joomla View My Stats