Top
    bla_semarang@kemenag.go.id
024 7601327
Uji Validasi pengelolaan ZIS Ke-2 di Yogyakarta

Uji Validasi pengelolaan ZIS Ke-2 di Yogyakarta

Rabu, 23 September 2020
Kategori : berita
111 kali dibaca

Rangkaian kegiatan ke-2 Penyusunan Model Koordinasi Lembaga Pengelola Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) dilaksanakan Balai Litbang Agama Semarang di Hotel Grand Zuri pada 23 September 2020. Di ikuti oleh wakil undangan dari BAZNAS, LAZ, dan perwakilan dari Kementerian Agama di wilayah D.I. Yogyakarta.

Keseluruhan  lokasi yang di teliti ada 3 wilayah, Yakni di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta. Masih banyak problematika dalam pengelolaan ZIS tersebut. Harapannya nanti akan kita diskusikan dan penyusunan buku ini akan di satukan dari berbagai penulis menjadi satuan utuh penelitian. Masukan dan saran akan menjadi acuan pembuatan buku. Kegiatan yang lalu berlokasi di Karanganyar, lalu yang kedua di yogyakarta. Hal ini disampaikan Dr. Samidi mengawali kegiatan Uji Validasi Ke-2 ini.

Jumlah BAZNAS di DIY sebanyak 6 lembaga di tingkat Prov 1, Kab/Kota 5 lembaga. Kemudian LAZ Seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta sejumlah 35 lembaga, dengan variasi skala DIY = 2 LAZ, skala Kab/Kota = 9 LAZ, perwakilan nasional = 5 LAZ dan Perwakilan DIY= 9 LAZ. Adapun LAZ yang berizin = 25 lembaga dan LAZ yang belum berizin = 5 lembaga. Data ini disampaikan oleh Drs. H. Sa’ban Nuroni Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman.

Tugas pemerintah terhadap pengelolaan ZIS dan DSKL yang dilakukan oleh BAZNAS dan LAZ meliputi pembinaan dan pengawasan. Pembinaan dimaksud meliputi fasilitasi, sosialisasi, dan edukasi. Pengawasan meliputi antara lain audit syariah/pendampingan audit syariah, monitoring, visitasi dan lain-lain.

Diskusi dilakukan dengan membentuk peserta kedalam 4 Kelompok sesuai dengan keahlian di bidang masing-masing. Dengan harapan diskusi dan pengolahan isi dari buku model berlangsung efektif. Tentunya setelah di dapat hasil yang paling maksimal akan dipresentasikan kembali agar meminimalisir data yang kurang sesuai.

 

 


Sumber : blasemarang

Penulis : adminblas

Editor : adminblas

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP