Top
    bla_semarang@kemenag.go.id
024 7601327
Seminar Isu Aktual Bimas Agama dan Layanan Keagamaan

Seminar Isu Aktual Bimas Agama dan Layanan Keagamaan

Kamis, 15 April 2021
Kategori : berita
59 kali dibaca

Semarang ( Kamis, 15 April 2021), Balai Litbang Agama Semarang melalui Bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan kembali mengadakan seminar untuk awal 2021 ini. Kegiatan Seminar ini bertempat di Hotel Pandanaran Semarang. Mengundang beberapa tamu undangan yang berkompenten di bidangnya. Diantaranya utusan dari Kementerian Agama se-Jawa Tengah, BAZNAS Kab. Sleman, Perwakilan dari Organisasi Masyarakat Keagamaan, Kesbangpol, dan beberapa instansi lainnya.

Hasil ini rangkaian dari program Penelitian Balai Litbang Agama Semarang di Periode awal Maret 2021. Langkah kebijakan yang dihasilkan berdasarkan hasil pengumpulan data di lapangan. Ini yang berbeda dari penelitian dari universitas, karena murni untuk penelitian.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Litbang Agama Semarang, H. Darwiyanto, S.Pd , M.Ed. dalam sambutannya mewakili Kepala Balai Litbang Agama Semarang yaitu Dr. Samidi, S.Ag.,M.S.I. yang berhalangan hadir. Balai Litbang Agama Semarang atau yang biasa disingkat BLAS siap memberikan layanan kelitbangan diantaranya hasil penelitian, publikasi jurnal,dan data-data penelitian yang sudah dilakukan. Darwiyanto mengungkapkan bahwa penelitian dituntut harus tetap dilakukan ditengah pandemi covid-19 ini, tentunya dengan mengikuti dan menerapkan protokol kesehatan.”Hasil Penelitian ini akan berupa tulisan artikel ilmiah serta berupa policy paper atau policy brief yang mana bisa digunakan sebagai kebijakan oleh Kementerian Agama RI nantinya”, ungkap Darwiyanto.

Judul isu-isu aktual yang diseminarkan yaitu Pelaksanaan Ibadah Umat Bergama Dalam Masa Pandemi Covid-19(Studi Kasus Agama non Muslim). Lokasi Penelitian di beberapa lokasi di Jawa Tengah yaitu Kota Tegal(Kong Hu Cu), Kab. Temanggung (Buddha), Kab. Klaten (Hindu), Kab. Semarang (Katholik), Kab. Kebumen (Kristen), Kab. Pati (Agama Baha’I), dan Kab. Sleman bekerjasama dengan BAZNAS Kab. Sleman Menggodok Konsep Kampung Sejahtera : Sinergi Zakat Wakaf Dalam Pemberdayaan Umat.

Mayoritas judul penelitian berhubungan dengan Pandemi covid-19. Karena adanya pandemi ini telah banyak merubah berbagai macam tatanan kehidupan manusia, seperti: pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan kebudayaan. Adapun sebagai narasumber adalah Pdt. Dr. Tony Tampake dari Fakultas Teologi Pasca Sarjana Sosiologi Agama Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga dan Eko Pujianto dari PHDI Provinsi Jawa Tengah.

Harapannya, hasil penelitian ini bisa dikenal oleh masyarakat luas dan bisa berguna bagi semua kalangan di kehidupan bermasyarakat. (BLAS/Ry*) 


Sumber : Balai Litbang Agama Semarang

Penulis : Ryo Yudowirawan

Editor : Ryo Yudowirawan

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP