Top
    bla_semarang@kemenag.go.id
024 7601327
Publikasi Repositori Online Naskah Madura BLA Semarang di Kudus

Publikasi Repositori Online Naskah Madura BLA Semarang di Kudus

Rabu, 31 Maret 2021
Kategori : berita
31 kali dibaca

Balai Litbang Agama (BLA) Semarang kembali menyelenggarakan Diseminasi 2 Repositori Online Naskah Keagamaan Madura 3, Senin, 29 Maret 2021. Bertempat di Ruang Muria Hotel @HOM Kudus, Jawa Tengah, kegiatan ini digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Kegiatan ini merupakan rangkaian pengembangan bidang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) BLA dalam rangka mendiseminasikan repositori online naskah Madura. Peserta dan tamu undangan dari unsur peneliti, perwakilan pondok pesantren, akademisi, pustakawan, pejabat dan staf lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus turut hadir dalam kegiatan ini. 

Kasubbag Tata Usaha BLA Semarang, Darwiyanto, dalam sambutannya mewakili Kepala Balai pada acara pembukaan, mengatakan bahwa salah satu program pengembangan yang dilakukan LKKMO adalah mempublikasikan repositori online naskah kuno yang lahir kegiatan penelitian.

“Repositori online, bagian dari digitalisasi naskah dan karya ulama di Nusantara. Naskah Madura 3 ini, merupakan hasil penelitan 2010 sampai 2012. Didigitalisasi ke online kemudian jadilah repositori,” ungkap Darwiyanto. Pelaksanaan diseminasi kedua di Kudus ini membawa harapan besar untuk menyampaikan urgensi repositori online sebagai upaya penyelamatan naskah, “Agar menyelamatkan naskah asli karya ulama nusantara. Agar tidak hilang atau rusak,” kata Darwiyanto. 

Darwiyanto juga membeberkan hasil penelusuran peneliti di Kudus. Peneliti BLA Semarang berhasil melakukan digitalisasi dan inventarisasi 23 naskah karya ulama Kudus sebagai warisan khazanah keilmuan ulama nusantara di Indonesia. 

“Repositori online ini memudahkan akses bagi pengguna, sebagai rujukan secara digital, wahana pengembangan naskah yang tidak hanya naskah Madura ini,” katanya.

Dalam kesempatan ini Darwiyanto juga menyampaikan sekilas profil BLA Semarang. Bahwasanya tugas pokok dan fungsi BLA Semarang yaitu melaksanakan penelitian dan pengembangan. Lebih lanjut, Darwiyanto mengemukakan bahwa Balai Litbang Agama Semarang berperan sebagai penyedia data yang dibutuhkan Kemenag untuk menghasilkan kebijakan. Darwiyanto juga menyampaikan bahwa ada tiga bidang penelitian dan pengembangan yang digawangi oleh BLA Semarang yakni bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan, bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan, serta bidang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO).

Dalam upacara pembukaan, peserta kegiatan diajak menyaksikan video profil BLA Semarang dan video “Repoblas”. Selain itu juga penyerahan kenang-kenangan berupa buku Katalog Madura Volume 1 dan 2 kepada Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kemenag Kudus dan pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kudus. Penyerahan kenang-kenangan dilakukan oleh Kasubbag TU didampingi Koordinator Peneliti Bidang LKKMO Roch. Aris Hidayat. 


Sumber : Balai Litbang Agama Semarang

Penulis : M. Aji N. dan Yuyun L.

Editor : Nur Laili Noviani

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP