Top
    bla_semarang@kemenag.go.id
024 7601327
Perkuat Kebersamaan Pegawai, Outbond Jelajah Desa Wisata di Borobudur

Perkuat Kebersamaan Pegawai, Outbond Jelajah Desa Wisata di Borobudur

Selasa, 6 April 2021
Kategori : berita
122 kali dibaca

Di sela-sela padatnya jadwal kegiatan penelitian dan pengembangan, seluruh pegawai Balai Litbang Agama (BLA) Semarang berkesempatan menghirup udara segar. Pasalnya, sejak Minggu s.d. Rabu (4 s.d. 6/04/2021) BLA Semarang mengadakan kegiatan Capacity Building. Seperti tahun-tahun sebelumnya, program pembinaan dan peningkatan kapasitas pegawai ini dikemas dalam format outbond.

Dilangsungkan di Magelang, Jawa Tengah, kegiatan Capacity Building pegawai BLA Semarang ini dipandu oleh tim trainer dari Oase Madani Indonesia sebagai event organizer. Oase memformat kegiatan outbond secara santai, mengedepankan aktivitas fisik tingkat sedang disertai game-game ringan. Game lebih mengedepankan kerja kelompok untuk memperkuat kontribusi individu di dalam tim.

Kepala BLA Semarang, Dr. Samidi, S.Ag., M.S.I. berharap, kegiatan Capacity Building ini mampu mempererat ikatan silaturahmi dan kekeluargaan seluruh pegawai. Selain itu juga menjadi momen penyegaran jasmani dan rohani, memberikan jeda bagi penyegaran diri di tengah padatnya jadwal kegiatan penelitian ataupun pengembangan.

“Kegiatan outbond memang kami format tidak terlalu serius. Di sini kita have fun saja. Karena peneliti sudah terlalu serius ketika bertugas di kantor dan di lapangan," kata Samidi.

Samidi menambahkan, kegiatan Capacity Building tahun ini sengaja diadakan di wilayah di dalam provinsi, yakni Magelang. Mengingat pada situasi pandemi pegawai harus menjaga stamina dan kesehatan. Lebih baik menempuh perjalanan pendek agar stamina tidak terkuras di perjalanan.

Dalam kesempatan ini, Kepala BLA Semarang menegaskan pentingnya menjaga silaturahmi dan kekompakan. Apalagi BLA Semarang tengah bersiap menghadapi masa transisi penyiapan SOTK (struktur organisasi dan tata kerja) yang baru terkait dengan wacana perubahan balai litbang menjadi badan riset dan inovasi nasional (BRIN).

“Saya akan berusaha selalu menjaga silaturahmi dan kebersamaan ini. Mari sama-sama berdoa agar tahun-tahun ke depan kita masih bisa berkegiatan bersama seperti outbond sekarang ini,” kata Samidi.

Keseruan Outbond

Pemberangkatan outbound dimulai dari kantor BLA Semarang, Minggu (04/04) pagi pukul 07.15 dengan bus PO Syifa Putra. Rombongan sampai di Rumah Makan Progosari Magelang sekitar pukul 10.00. Tak berselang lama, peserta dikondisikan untuk arung jeram (rafting).  

Meskipun sudah beberapa kali melakukan rafting, namun pegawai BLA Semarang menjalani rafting kali ini dengan penuh semangat dan gembira. Arung jeram di Sungai Elo Magelang berjalan sekitar 2 jam. Kiranya pukul 13.00 peserta mulai kembali ke tempat transit di Rumah Makan Progosari untuk mandi, shalat, sekaligus makan siang.

Dan pada akhirnya peserta pun check in di Hotel Atria Magelang setelah ashar. Peserta memanfaatkan waktu beberapa jam untuk bersitirahat, sebelum mengikuti kelanjutan kegiatan di malam hari.

Hingga tiba waktu usai makan malam, acara pembukaan kegiatan Capacity Building pun dilaksanakan. Kepala BLA Semarang secara resmi membuka acara setelah memberikan sambutan.

Senin pagi (05/04), usai makan pagi peserta langsung berkegiatan outbond onthelan . para peserta mengendarai sepeda onthel berkeliling di sejumlah desa wisata di sekitar kawasan Candi Borobudur. Outbond dengan onthelan ini berlangsung dengan jeda di beberapa UMKM atau Balkondes. Di antaranya UMKM Rengginang, UMKM Batik, dan sejumlah Balkondes yang ada di sekitaran Borobudur. Di situ peserta bisa melihat langsung proses kerajinan, dan sekaligus berbelanja hasil kerajinan warna setempat. Pada momen ini peserta yang sudah dikelompokkan juga diberi kuis dengan sejumlah pertanyaan dan memiliki poin score tersendiri untuk penentuan juara kelompok di akhir acara.

Dilanjutkan dengan fun games di Omah Mbudur sekitar pukul 10.00. Peserta yang dibagi menjadi 4 kelompok sejak awal berkompetisi dengan pertandingan Save The Ball dan Estafet Air. Keseruan, dan keramaian tak terhindarkan pada kedua games ini.

Usai makan siang di Omah Mbudur, peserta pun kembali gowes atau ngonthel  menuju starting point onthelan di Borobudur. Dan pada akhirnya keseruan di hari kedua pun usai hingga akhirnya peserta outbond kembali ke hotel pada sore hari.

Keseruan pun berlanjut di hari ketiga, Selasa (06/04), peserta melakukan jelajah desa wisata dengan Volkswagen Adventure. Peserta berkeliling desa wisata dengan Volkswagen bak terbuka. Peserta pun mampir di sejumlah Balkondes untuk melihat-lihat eksotisme wisata pedesaan dan coffee break.

Volkswagen Adventure selesai sebelum duhur. Berlanjut pada acara makan siang dan shalat. Kegiatan outbond pun usai, peserta diberangkatkan kembali ke Semarang sekitar pukul dua. Terlihat wajah-wajah yang meskipun agak lelah, tetapi bahagia.


Sumber : Balai Litbang Agama Semarang

Penulis : Musyafak

Editor : Musyafak

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP