Top
    bla_semarang@kemenag.go.id
024 7601327
 Percakapan di Media Sosial menjadi Sumber penelitian

Percakapan di Media Sosial menjadi Sumber penelitian

Rabu, 20 Januari 2021
Kategori : berita
236 kali dibaca

Peneliti menjadikan media sosial seperti Youtube (YT) dan facebook (FB) sebagai bahan penelitian, masuk akal karena dua medsos itu paling banyak digunakan di Indonesia. Namun selain YT dan FB, konten WA itu sebenarnya penting dan persebarannya luar biasa.

Hal ini dikatakan Ismail Fahmi, Ph.D, dalam Kegiatan Penelusuran Literatur Penelitian Produksi Wacana Keagamaan Ulama di Media Sosial, di hotel Azana Semarang, Rabu (20/1). Ia menambahkan IG dan FB sulit untuk diambil datanya, sedangkan YT masih bisa didapatkan meskipun terbatas.

Menurut Fahmi, media sosial merekam percakapan tentang semua aspek dari pengguna dengan berbagai latar belakang. Ini menjadi sumber berharga bagi penelitian dan kajian di berbagai bidang keilmuan.

“Analisis media sosial dari big data percakapan akan membantu memahami pola yang dilakukan, siapa pelakunya, apa yang jadi narasi utamanya, kapan dimulai,” tutur Ismail Fahmi  Director Media Kernels Indonesia (Drone Emprit).

Darwiyanto selaku Kasubbag TU Balai Litbang Agama Semarang, mengatakan penelitian akan dilakukan di tiga provinsi. Saya mengharapkan peneliti bisa mengambil berbagai wacana relevan di media sosial dengan cara memaanfaatkan teknologi informasi, dan hasil penelitian bertaraf nasional.  


Sumber : Balai Litbang Agama Semarang

Penulis : Fathurozi

Editor : Fathurozi

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP