Top
    bla_semarang@kemenag.go.id
024 7601327
Penyusunan Monografi Tahap 1 Bidang Lektur

Penyusunan Monografi Tahap 1 Bidang Lektur

Senin, 29 Juni 2020
Kategori : Berita Kecil
16 kali dibaca

Bidang Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang atau yang biasa disingkat LKKMO kembali membuat monografi tahun 2020 ini. Kegiatan ini melalui beberapa tahapan panjang setelah sebelumnya diadakan penelitian di lapangan, kemudian tahun ini akan menyusun hasil penelitian tersebut kedalam bentuk monografi. Tahapan awal atau pertama diadakan hari ini (Senin, 29 Juni 2020) di Hotel Pandanaran Semarang.

Dalam sambutannya Kasubbag TU, H. Darwiyanto, S. Pd., M. Ed mengatakan bahwa Untuk hari ini target kegiatan penyusunan monograf harus jelas terlebih dahulu. “Harapannya sampai minggu pertama harus hampir selesai supaya kedepannya bisa kita adakan evaluasi dikarenakan  waktu yang singkat ini hanya sekitar sebulan kita harapkan monograf ini bisa terselesaikan karena penyusunan monograf ini ada setiap tahunnya maka hal apa saja yang dibutuhkan nanti bisa dikomunikasikan” ungkap Darwiyanto.

Hal senada diungkapkan koordinator bidang LKKMO, Roch Aris Hidayat, mengungkapkan bahwa untuk penyusunan monograf ini kita lakukan dengan simple saja namun tetap layak. Hasil rapat persiapan kemarin disepakati beberapa hal terkait penyusunan monograf ini diantarnya tema yaitu bukti-bukti Agama Islam di Bali. Hal serupa juga diungkapkan oleh Dr. Samidi, M. S. I., beliau mengatakan bahwa kondisi di Bali ini islam sangat minoritas, maka perlu dilakukan lagi penguatan penulisan dengan judul yang menjual dan tidak kaku sifatnya nanti.

Penelitian naskah keagamaan di Bali ini sendiri terbagi menjadi 3 tim kontributor utama, menurut lokasi penelitian di Denpasar, Karangasem, dan Jembrana, Buleleng, Tabanan. Untuk penelitian di Denpasar di ketuai oleh Mustolehuddin, sedangkan di Karangasem dipimpin oleh Agus Iswanto, lalu di Jembrana, Buleleng, dan Tabanan dipimpin oleh Roch Aris Hidayat. Turut berkontribusi sebagai pembantu juga dari bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang. (ry*) 


Sumber : Balai Litbang Agama Semarang

Penulis : Ryo Yudowirawan

Editor : Ryo Yudowirawan

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP