Top
    bla_semarang@kemenag.go.id
024 7601327
Pembukaan Uji Validasi Repositori

Pembukaan Uji Validasi Repositori

Selasa, 15 September 2020
Kategori : berita
32 kali dibaca

Gema lagu Indonesia Raya mengawali acara pembukaan Uji Validasi Repositori Online Naskah Keagamaan Madura Tahap II di Aula Hotel Aston Imperium Purwokerto tanggal 14 September 2020.

Balai Litbang Agama Semarang mempunyai tugas dan fungsi melakukan penelitian dan pengembangan di sembilan provinsi dan saat ini peneliti Lektur Khazanah Keagamaan telah melakukan penelitian naskah di Madura sebanyak 450 kitab/naskah. Dari hasil penelitian ini setelah uji validasi makan akan kami upload di website Balai Litbang Agama Semarang sehingga masyarakat secara umum bisa membaca dan mengetahui naskah-naskah keagamaan ( Dr. Samidi, M.S.I.).

Repo / Repositori adalah sebuah tempat penyimpanan aplikasi dengan jumlah yang cukup besar, dan ketika sudah di upload melalui website Balai Litbang Agama Semarang maka masyarakat secara umum bisa membaca dan mengetahui naskah-naskah keagamaan yang jarang diketahui. Dengan demikian repositori ini kami anggap sangat penting dalam rangka penyelamatan naskah-naskah kuno yang mulai rusak, kami mengacu pada undang-undang Nomor 5 Tahun 1992 tentang "cagar budaya yang menyatakan keberadaan hasil karya budaya bangsa" agar naskah kuno di bumi persada ini tetap aman, terjaga, terlindungi serta tidak mudah untuk berpindah pengelolaan oleh pihak lain yang tidak berwenang. (Dr. Samidi, M.S.I Kepala Balai Litbang Agama Semarang)

Dalam acara uji validasi ini diikuti sekitar 45 peserta yang terdiri dari Peneliti Balai Litbang Agama Semarang, IAIN Purwokerto, UNSOED Purwokerto, AMIK Veteran Purwokerto, Dinas Perpustakaan Daerah Purwokerto, Kementerian Agama Kab. Banyumas, Pengurus Masjid dan beberapa Pondok Pesantren yang berada di Kab. Banyumas.


Sumber : blasemarang

Penulis : dedik

Editor : dedik

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP