Top
    bla_semarang@kemenag.go.id
024 7601327
Panduan Online Perjalanan Ibadah Haji

Panduan Online Perjalanan Ibadah Haji

Kamis, 1 April 2021
Kategori : berita
109 kali dibaca

Kegiatan Uji Validasi 3 Pengembangan Bimas Agama dan Layanan Keagamaan "Panduan Perjalanan Ibadah Haji" ke-3 diselenggarakan di Grand Zuri Hotel Yogyakarta pada 1 April 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Balai Litbang Agama (BLA) Semarang, Kassubag Tata Usaha, peneliti, staf sekretariat dan peserta dari Kantor Kementerian Agama se-D.I. Yogyakarta, serta Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) di wilayah Yogyakarta. Adapun narasumber yang hadir dalam kegiatan ini adalah Dr. Iman Fadhilah dan Mustaghfirin, S.Sn, M.Kom dari Unwahas Semarang.

Kepala BLA Semarang Dr. Samidi, S.Ag., M.S.I. menjelaskan urgensi penyusunan panduan perjalanan ibadah haji secara online. Menurutnya, di zaman digital sekarang ini diperlukan adanya panduan yang lebih praktis dan bermanfaat bagi jemaah haji.

"Selama ini sudah ada buku panduan haji dari Kemenag dan KBIH. Namun karena jamaah haji kebanyakan orang sepuh yang malas membaca, sehingga buku panduan tersebut tidak dibaca bahkan dibiarkan masih segelan," kata Samidi.

Permasalahan tersebut membuat BLA  berinisatif membuat Aplikasi Online Panduan Perjalanan Haji. Aplikasi ini berisi video (animasi), tujuannya agar para jamaah haji lebih mudah memahami tata cara perjalanan ibadah haji.

Kepada para peserta, Samidi menyampaikan keterbukaan BLA Semarang untuk memberikan pelayanan informasi dan data hasil penelitian. Selain itu, BLA Semarang juga juga melayani permohonan data, hasil penelitian, jurnal, dan permintaan riset berkaitan dengan isu-isu aktual yang ada di masyarakat.

Kegiatan uji validasi panduan perjalanan haji ini sudah dilaksanakan ke-3 kali. Sebelumnya buku panduan sudah diuji validasi yang ke-1 di Kota Salatiga, dan uji validasi ke-2 di Kota Tegal.

Dalam kesempatan ini Kepala Balai Litbang Agama Semarang Dr. Samidi menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan kegiatan uji validasi pengembangan penelitian ini. Kegiatan uji validasi panduan perjalanan haji ini adalah yg ke 3. Sebelumnya sudah dilakukan kegiatan uji validasi yang ke 1 di Kota Salatiga, dan uji validasi ke 2 di Kota Tegal.

 


Sumber : Balai Litbang Agama Semarang

Penulis : Priyono

Editor : Ryo Yudowirawan

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP