Top
    bla_semarang@kemenag.go.id
024 7601327
Menguak Hubungan antara Modal Sosial dan Kerukunan

Menguak Hubungan antara Modal Sosial dan Kerukunan

Selasa, 18 Agustus 2015
Kategori :
99 kali dibaca

Indeks modal sosial memiliki hubungan positif dengan kerukunan umat beragama. Hal itu terungkap dalam kegiatan Seminar Hasil Penelitian “Indeks Modal Sosial dalam Membingkai Kerukunan Umat Beragama di Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Kelompok Peneliti Bidang Kehidupan Keagamaan Balai Litbang Agama Semarang.

“Nilai indeks modal sosial mencapai 73,79%, terogolong tinggi dan mendekati sangat tinggi. Sedangkan nilai indeks kerukunan umat beragama mencapai 63,99%, tergolong tinggi,” ungkap Arnis Rachmadhani, S.S., M.S.I.

Data yang dipapaparkan Arnis merupakan temuan penelitian berjudul “Indeks Modal Sosial dalam Membingkai Kerukunan Beragama di Jawa Tengah”. Arnis, selaku ketua tim penelitian tersebut, beserta 9 anggota peneliti lainnya sejak Mei s.d. Agustus 2015 meneliti hubungan indeks modal sosial dan kerukunan umat beragama di Jawa Tengah yang  mengambil lokasi di tiga daerah kabupaten/kota, yakni Kabupaten Brebes, Kabupaten Magelang, dan Kota Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 500 responden yang diambil dengan teknik area proporsional random sampling.


Sumber : Balai Litbang Agama Semarang

Penulis : Priyono

Editor : Priyono

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP