Top
    bla_semarang@kemenag.go.id
024 7601327
Melestarikan Manuskrip Kuno dengan Digitalisasi

Melestarikan Manuskrip Kuno dengan Digitalisasi

Kamis, 12 Mei 2022
Kategori : berita
13 kali dibaca

Kegiatan Fullday Penyusunan Repositori Online Tahap 3 Balai Litbang Agama Semarang dilaksanakan di Metro Park Hotel Semarang 12 Mei 2022. Hadir sebagai narasumber adalah Moch Lukluil Maknun dari BRIN, dan peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 28 dari tim repositori, staf sekretariat, dan BRIN.

Yulinar sebagai ketua tim repositori menyampaikan perkembangan dari kegiatan repositori ini. Sudah ada beberapa anggota tim yang sudah mengirim hasil editing naskahnya di google drive dalam bentuk format pdf. Dari pembahasan sebelumnya ada beberapa bahasan berkaitan dengan repositori ini, antara lain tentang penyeragaman border/bingkai, cover, dan tema. Dalam pertemuan ini bisa diambil kesepakatan berkaitan dengan masukan tersebut.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Balai Litbang Agama Semarang Dr. Samidi mengingatkan kepada tim repositori online untuk segera menyelesaikan tugasnya. Kegiatan penyusunan ini sudah melalui 3 tahapan, sehingga perlu menampilkan progrestnya. Karena suatu pekerjaan harus ada target yang hendak dicapai. 

Tujuan pengembangan repositori online naskah keagamaan ini adalah untuk lebih menyebarluaskan khazanah budaya keagamaan kepada masyarakat umum ataupun kalangan akademik. Hal ini adalah bagian dari aktualisasi Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan Nomor 5 tahun 2017, yakni melestarikan khazanah budaya keagamaan dalam bentuk manuskrip sebagai salah satu obyek pemajuan kebudayaan. Dengan semakin terbukanya akses terhadap khazanah naskah ini, diharapkan manfaatnya akan semakin terasa, terutama untuk pengembangan ilmu pengetahuan di masyarakat.

Diakhir penyampaiannya Kepala BLA Semarang mengapresasi kepada tim repositori online. Samidi berharap hasilnya nanti benar-benar bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan repositori online naskah keagamaan yang tergolong manuskrip kuno ini.

Priyono


Sumber : Balai Litbang Agama Semarang

Penulis : Priyono

Editor : Ryo Yudowirawan

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP