Top
    bla_semarang@kemenag.go.id
024 7601327
Kepala Badan: Penelitian dan Pengembangan Harusnya Sejalan

Kepala Badan: Penelitian dan Pengembangan Harusnya Sejalan

Jumat, 15 Januari 2021
Kategori : berita
25 kali dibaca

Selama ini kegiatan lebih terpusat pada penelitian. Sementara itu, porsi kegiatan pengembangan tidak banyak. Semestinya penelitian dan pengembangan jalan bersamaan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Prof. Achmad Gunaryo, M.Soc.Sc. di Salatiga, 14/01/2021. Gunaryo menyampaikan di hadapan para peneliti pada kegiatan Pengayaan Teori Penelitian Tahap I dan Sinkronisasi Program Pusat dan Daerah yang digelar oleh Balai Litbang Agama (BLA) Semarang.

“Kita lebih sibuk melakukan penelitian daripada pengembangan. Research dan development itu jadi harusnya jadi satu,” kata Gunaryo.

Dia menegaskan, peneliti juga harus memikirkan pengembangan. Supaya semua hasil-hasil penelitian bisa ditidaklanjuti.

“Seluruh penelitian harus bisa ditindaklanjuti. Sudah saatnya hasil penelitian itu tidak hanya bisa dibaca oleh kalangan akademisi, tapi juga dibaca oleh majelis majelis taklim,” katanya.

Selain itu Gunaryo juga menanggapi isu Balai Litbang atau Puslitbang yang akan berkonversi menjadi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRN). Dia mengatakan bahwa isu perubahan tersebut tidak lepas dari reformasi birokrasi yang dijalankan pemerintah.

“Kita dipaksa berubah. Meski perubahan itu tidak akan mudah,” katanya.

Gunaryo menambahkan, peneliti juga harus berubah menyesuaikan kondisi yang ada. Meski perubahan itu sulit. Namun, tidak berubah adalah fatal.


Sumber : Balai Litbang Agama Semarang

Penulis : Musafak

Editor : Musafak

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP