Top
    bla_semarang@kemenag.go.id
024 7601327
Evaluasi Studi Awal Penelitian Bimas

Evaluasi Studi Awal Penelitian Bimas

Jumat, 4 Juni 2021
Kategori : berita
70 kali dibaca

(Semarang, 4 Juni 2021) Pada periode akhir Mei 2021 lalu, Balai Litbang Agama Semarang mengadakan kegiatan studi awal untuk penelitian di Bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan dan Bidang Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi. Penelitian bertema tentang Sumber Otoritas Keagamaan dan Produksi Wacana Keagamaan Ulama di Media Sosial. Lokasi pelaksanaan kegiatan studi awal mencakup wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kegiatan studi awal ini dalam rangka pemetaan data di lapangan dan permohonan ijin kepada pemerintah setempat untuk dilakukan kegiatan penelitian selanjutnya.

Hal yang dibahas pada evaluasi kali ini adalah perihal apa saja yang akan dilakukan nantinya, lokasi mana saja yang akan dijadikan objek penelitian, kemudian siapa yang akan dijadikan narasumber untuk dimintakan data di lapangan, disamping itu juga peneliti mencari refrensi awal sebelum turun ke lapangan. Tujuan studi awal yaitu untuk bekal awal dalam kegiatan pengumpulan dan pengolahan data (pulahta).

Sedangkan kegiatan Pulahta yaitu mencari dan mendapatkan sumber data dan informasi terkait objek penelitian. Biasanya diadakan juga forum diskusi kelompok untuk saling sharing dan memperoleh informasi secara lengkap, akurat, dan tepat. Pulahta nanti dilaksanakan periode pertengahan bulan hingga menjelang akhir bulan Juni 2021. Lokasi diantaranya Yogyakarta, Surakarta, Pekalongan, dan Rembang untuk tim Bimas.

Kegiatan evaluasi yang diadakan di Hotel Pandanaran turut dihadiri oleh perwakilan dari Balai Diklat Agama Semarang, Universitas Wahid Hasyim Semarang, dan Lembaga The Creativa Semarang. Adapun sebagai narasumber yaitu Dr. Misbah Zulfa Elisabeth dari PW ISNU Jawa Tengah melalui daring Zoom Meeting. Kegiatan diikuti oleh peneliti bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan serta staff Tata Usaha yang juga akan menjadi pembantu peneliti di kegiatan Pulahta nantinya. (BLAS/Ry*)


Sumber : Balai Litbang Agama Semarang

Penulis : Ryo Yudowirawan

Editor : Ryo Yudowirawan

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP