Top
    bla_semarang@kemenag.go.id
024 7601327
BLAS Matangkan Aplikasi Panduan Perjalanan Ibadah Haji

BLAS Matangkan Aplikasi Panduan Perjalanan Ibadah Haji

Kamis, 25 Maret 2021
Kategori : berita
96 kali dibaca

Balai Litbang Agama (BLA) Semarang kembali mengadakan uji validasi pengembangan bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan berupa aplikasi “Panduan Perjalanan Ibadah Haji Mandiri” berbasis mobile. Uji validasi kedua ini dilaksanakan di Hotel Riez Palace, Kota Tegal, pada 26 Maret 2021.

Kepala BLA Semarang, Dr. Samidi, M.S.I. mengatakan, kegiatan ini adalah bagian dari pengembangan bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan yang bermula dari penelitian tentang layanan haji. Penelitian itu menemukan banyak persoalan jemaah ketika sedang melaksanakan perjalanan ibadah haji.

“Ketika melakukan penelitian, ditemukan banyak jemaah haji masih kesulitan dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji. Hal-hal rinci seperti penggunaan sabuk pada pesawat, ketika di toilet, tuntunan bagaimana melakukan kegiatan dari awal sebelum keberangkatan hingga kembali lagi dibahas dalam buku panduan,” ungkap Samidi. 

Selain itu, tambah Samidi, tingkat keterbacaan panduan haji yang sudah ada sangat rendah. Hal ini salah satunya disebabkan karena jamaah mengandalkan petugas pembimbing haji sehingga buku panduan tidak banyak disentuh oleh jemaah haji.

Karena itulah BLA Semarang melalui Bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan berinisiatif menyusun buku panduan perjalanan ibadah haji. Panduan ini terdiri dari dua versi, yaitu buku dan aplikasi. 

"Pada versi aplikasi, panduan berisi animasi yang mempermudah jamaah haji”, tambah Samidi.

Dalam kesempatan itu hadir Drs. H. Anasom, M. Hum dari PCNU Kota Semarang dan Drs. H. Mahlail Syakur, M.Ag. dari Universitas Wahid Hasyim Semarang sebagai narasumber. Dalam paparannya kedua narasumber mengungkapkan tentang persoalan yang dihadapi jemaah haji mulai dari persoalan petugas haji dalam mengantar jemaah dan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah mulai dari pesiapan haji, pemberangkatan haji, kepulangan, pasca haji.

Sebelum diujikan di Kota Tegal, panduan perjalanan ibadah haji ini telah diuji-validasikan tahap pertama di Kota Salatiga. 
Setelah tahap kedua ini masih akan dilangsungkan uji validasi tahap ke-3 di Kota Yogyakarta pada awal April ke depan.
(BLAS/Ry*)


Sumber : Balai Litbang Agama Semarang

Penulis : Ryo Yudowirawan

Editor : Ryo Yudowirawan

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP