Top
    bla_semarang@kemenag.go.id
024 7601327
BLAS Garap Panduan Perjalanan Ibadah Haji Berbasis Android
Dr Samidi Menyampaikan Sambutan didampingi oleh Korbid BImas joko Tri Haryanto

BLAS Garap Panduan Perjalanan Ibadah Haji Berbasis Android

Selasa, 9 Februari 2021
Kategori : berita
141 kali dibaca

(Semarang, 9 Februari 2021) Balai Litbang Agama Semarang (BLAS) kembali menggarap Pengembangan untuk tahun anggaran 2021 ini. Melalui Bidang BImas Agama dan Layanan Keagamaan yang menggarap Pengembangan dengan tema ibadah haji. Judul yang dipilih yaitu “Panduan Perjalanan Ibadah Haji (Membimbing Jamaah Haji Menjadi Mabrur dan Mandiri)”. Mandiri disini diasumsikan bahwa para jamaah haji bisa mengakses sendiri panduan ibadah haji melalui Mobile Phone masing-masing jamaah. Kegiatan ini bertempat di Hotel Azana Semarang dan dihadiri oleh 23 peserta baik dari Peneliti Bimas, Tim Sekretariat Bimas, Perwakilan Kemenag Kota Semarang, dan Perwakilan dari Universitas Wahid Hasyim Semarang. Adapun Selaku narasumber adalah dari PCNU Kota Semarang dan Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Panduan ini adalah salah satu upaya meringankan beban tugas pembimbing haji yang mana seringkali kewalahan mengakomodir dan mengkoordinasi jamaah haji yang banyak sekali. Dalam sambutannya, Kepala Balai Litbang Agama Semarang, Dr. Samidi, MSI menyampaikan bahwa panduan ini merupakan produk BLA Semarang yang mana berbeda dengan sebelum-sebelumnya dimana produk hanya berupa buku-buku saja. Berbeda dengan yang dibuat Tim bimas kali ini, dibantu dengan IT unwahas, maka panduan ini dibuat lebih simpel.

Hal ini juga dalam upaya mengatasi permasalahan minat baca para jamaah haji. “Pada dasarnya tingkat keterbacaan buku panduan ini kurang sekali oleh para jamaah, sering kali buku-buku panduan tersebut lebih sering diletakkan saja atau malah tidak berguna sama sekali”, Ungkap Samidi.

“Rencana kami pada tahun 2020 semua produk penelitian dari awal sampai akhir kita jadikan film. Namun karena kurangnya tenaga IT maka hal ini menjadi terkendala, namun sekarang kami sudah mendapatkan tenaga IT tambahan dan harapannya penelitian dan pengembangan di tahun 2021 ini bisa kita garap dan kita launching. Dan panduan ini kita buatkan aplikasi yg bisa di download oleh jamaah. Harapannya Pengembangan tim bimas ini lebih bagus dan lebih simpel. Nantinya akan di publish di play store HP dan kita sematkan di website kita nantinya. Semoga kegiatan Pengembangan ini berjalan dengan baik dan lancar nantinya”, Pungkas Samidi. (BLAS/Ry*)


Sumber : Balai Litbang Agama Semarang

Penulis : Ryo Yudowirawan

Editor : Ryo Yudowirawan

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP