Top
    bla_semarang@kemenag.go.id
024 7601327
BLA Semarang Ujikan Model Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Kuttab

BLA Semarang Ujikan Model Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Kuttab

Selasa, 27 April 2021
Kategori : berita
29 kali dibaca

Balai Litbang Agama (BLA) Semarang menggelar kegiatan Uji Validasi Tahap I Model Pengelolaan Pendidikan Agama pada Kuttab, Selasa 27 April 2021. Bertempat di Hotel Grand Dian Slawi, Kab. Tegal, kegiatan ini diikuti oleh peneliti Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan, serta 25 tamu undangan dari Kementerian Agama, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kuttab Al-Fatih, akademisi, dan pengasuh pesantren di Kab. Tegal.

Kepala Subbag Tata Usaha BLA Semarang Drs. H. Darwiyanto, M.Ed. mengatakan bahwa kegiatan ini adalah upaya BLA Semarang untuk mengembangkan model pendidikan agama pada kuttab. Di lapangan pengelolaan pendidikan kuttab bervariasi menyesuaikan kondisi setempat.

“Sekarang ini banyak berkembang lembaga pendidikan dasar, termasuk kuttab, perlu penyelarasan bersama model pengelolaan pendidikan agamanya, agar kuttab yang baru bertumbuh memiliki spirit  yang sama,” kata Darwiyanto.

Lebih dari itu, tambah Darwiyanto, aspek legalitas formal kuttab itu juga penting untuk diperhatikan. Karena ini terkait dengan regulasi pengelolaan pendidikan. Regulasi ini merupakan payung hukum yang melandasi aktifitas pengelolaan pendidikan.

“Legalitas formal itu tujuannya adalah keamanan para penyelenggara pendidikan,” tegas Darwiyanto.

Kegiatan uji validasi ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tegal Drs. H. Sukarno, M.M.  Sukarno mengapresiasi penyusunan model pengelolaan kuttab oleh para peneliti BLA Semarang.

“Kegiatan riset dan pengembangan yang dilakukan oleh BLAS ini menjadi landasan penyusunan kebijakan,” kata Sukarno.

Terkait dengan pengembangan model pendidikan agama pada Kuttab, Soekarno berharap peserta dapat berpartisipasi memberikan pandangan  dan sumbang saran terhadap pengelolaan kuttab yang bervariasi. (syafa’)


Sumber : blasemarang

Penulis : syafa

Editor : syafa

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP