Top
    bla_semarang@kemenag.go.id
024 7601327
Balai Litbang Agama Semarang Sajikan Ekspos Produk Kelitbangan di UIN Suka Yogyakarta

Balai Litbang Agama Semarang Sajikan Ekspos Produk Kelitbangan di UIN Suka Yogyakarta

Selasa, 17 Mei 2022
Kategori : berita
22 kali dibaca

Balai Litbang Agama Semarang siap menghadirkan ekspos produk kelitbangan dan seminar bertajuk “Islam dalam Teks dan Konteks di Era Milenial” pada 17-19 Mei 2022 di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Kepala Balai Litbang Agama Semarang, Samidi mengatakan, kegiatan akan menyajikan seminar panel dan ekspos produk kelitbangan. Seminar panel mengangkat tema dan pembicara yang berbeda setiap harinya.

“Pembicara di acara ini merupakan peneliti-peneliti senior Indonesia. Mereka siap membagikan ilmunya kepada para audiens,” ujarnya pada keterangan persnya, Senin (16/5).

Dia menuturkan, seminar hari pertama bakal membahas tema “Pilgrimage, Tradition, and Social Status: The Ritual of Haji as an Identity for Muslims Community in Indonesia”. Seminar dihadiri oleh Mustolehuddin SAg SIPI MSI (Penulis), Prof Dr Phil Al Makin SAg MA (Rektor UIN Sunan Kalijaga), dan Prof Dr Phil Sahiron (Dosen UIN Sunan Kalijaga).

Di hari kedua, akan membahas tema “Pendidikan Islam dan Revivalisme Islam di Indonesia”. Seminar ini akan dihadiri oleh Dr H Aji Sofanudin SPdI MSI (Penulis), Dr Samidi Khalim MSI (Dosen Universitas Wahid Hasyim Semarang), dan Prof Dr Irwan Abdullah (Dosen UGM/IA Scholar Foundation).

Di hari ketiga, acara akan membahas tema “Pemetaan Tema dan Pola Penulisan Manuskrip Hadis di Indonesia”. Acara akan dihadiri Dr Ismail Yahya SAg MA (Penulis), Dr H Muharram Marzuki PhD (Sekretaris Badan Litbang & Diklat Kemenag Republik Indonesia), dan Dr Saifuddin Zuhri Qudsy SThI MA (Dosen UIN Sunan Kalijaga).

Samidi menjelaskan, ekspos dan seminar ini dilatarbelakangi perkembangan dan kemajuan peradaban manusia dalam memperkenalkan studi Islam (Islamic Study) dengan pendekatan ilmiah. Hal ini menuntut kualitas ulama yang mampu mengembangkan cara berpikir yang akademis, sehingga menghasilkan wawasan Islam yang makro, yang meliputi aspek pendekatan doktriner (pendekatan membaca kitab) dan sosial historis atas dasar kritik sejarah.

“Islam kini dihadapkan pada tantangan, tuntutan, dan kebutuhan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Arus perkembangan globalisasi telah melahirkan generasi gadgetm Para akademisi studi Islam harus mampu menempatkan diri dalam rangka menghadapi perkembangan zaman yang terus mengalami perubahan dengan permasalahan-permasalahan yang semakin kompleks,” jelasnya.

Salah satu tugas pokok Balai Litbang Agama Kemenag RI, katanya, adalah melaksanakan penelitian dan pengembangan dalam rangka menyediakan data dan informasi hasil penelitian dan pengembangan bagi seluruh pemangku kepentingan di lingkungan Kementerian Agama RI sebagai bahan penyusunan kebijakan pemerintah di bidang kehidupan keagamaan.

“Program Ekspos Produk Kelitbangan (Jurnal Analisa dan Jurnal SMART) merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan Balai Litbang Agama Kemenag RI dalam rangka mengenalkan produk-produk kelitbangan kepada pihak-pihak yang berkepentingan,” tuturnya.

Ia menyebutkan, tujuan kegiatan ini di antaranya peserta dapat menambah pengetahuan mengenai topik bahasan, yaitu pilgrimage, tradition, and social status: the ritual of haji as an identity for muslims community in Indonesia. Peserta juga dapat menambah pengetahuan mengenai keagamaan dan kekayaan khazanah budaya Indonesia.

“Satu lagi, peserta dapat mengetahui produk-produk kelitbangan Badan Litbang Agama. Kegiatan harian akan dimulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB yang akan diisi dengan seminar panel. Terdapat sesi pameran dan kuis dengan doorprize menarik yang dimulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB,” terangnya.

Untuk 80 orang pertama yang hadir, imbuh Samidi, akan mendapatkan fasilitas: snack, makan siang, kaos, sertifikat serta free e-book jurnal. “Kami menargetkan kegiatan ini akan dihadiri 150 peserta setiap acara hariannya,” imbuhnya.

 

Sumber : smjogja.com

 


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP