Masih Banyak Naskah Keislaman Belum Tersentuh
  • BLA Semarang
  • 6 Juli 2023
  • 38x Dilihat
  • berita

Masih Banyak Naskah Keislaman Belum Tersentuh

Pengumpulan data ini mengingatkan kita pada alasan pengumpulan suhuf Al-Qur’an yang saat itu masih terpisah-pisah pada pelepah kurma dan sebagainya. Betapa sulitnya saat itu karena belum ada fasilitas, ternyata dengan kesulitan dan teknologi yang belum ada juga bisa mengumpulkan naskah utsmani.

Hal ini dikatakan Anshori Kepala Balai Litbang Agama semarang, dalam kegiatan Evaluasi Pasca Pengumpulan Data Lapangan Inventarisasi dan Digitalisaasi Naskah Keagamaan di Jateng dan Jatim, di Hotel Pandanaran Semarang, Tanggal 6 s.d. 7 Juli 2023. Ia menambahkan masih banyak naskah keislaman yang berlum tersentuh. Lebih-lebih ada naskah yang berusia puluhan atau ratusan tahun yang justru bukan milik kita.

Khawatir dirampas oleh penjajah, naskah itu ditanam sekian meter, dan penulis memberikan wasiat kepada keturunannya bahwa ada naskah yang ditandai dengan pohon beringin. olen karena itu kita perlu alat untuk mendeteksi keberadaan naskah.

“Karya-karya ulama nusantara harus kita jaga. insyaallah kita punya komitmen untuk mengumpulkan, apalagi bisa kita kaitkan dengan nilai-nilai agama,” ujar Anshori.

Lebih lanjut Anshori mengatakan Naskah keagamaan, tetap kita perhatikan sejauh masih menjadi ruang lingkup tugas fungsi Balai Litbang yang akan berubah tusi. Kami mengucapkan apresiasi kepada tim yang telah mengumpulkan data di wilayah Jateng dan Jatim.