Evaluasi Kegiatan 2019: Percepat Output Kelitbangan dan Pelaporan Kegiatan 2020

0
95

Balai Litbang Agama (BLA) Semarang menggelar kegiatan pembinaan pegawai yang dikemas sebagai Rapat Kerja dan Pemilihan Agen Perubahan, Kamis tanggal 20 Februari 2020. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor BLA Semarnang ini dihadiri para pimpinan BLA Semarang, pejabat fungsional, dan seluruh staf.

Kepala BLA Semarang Dr. Samidi, S.Ag., M.S.I. mengatakan bahwa rapat kerja ini adalah sekaligus momentum evaluasi kinerja pada tahun 2019. Khsususnya terkait Perjanjian Kinerja (perkin), karena hal itu yang menjadi penilaian kinerja organisasi.

“Dasar kita adalah perkin tahun 2019. Di sini kita evaluasi mana yang kurang untuk diperbaiki dan mana yang sudah bagus untuk dipertahankan,” kata Samidi.

Sesuai laporan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Arif Gunawan Santoso, MA.Hum, perkin tahun 2019 tercapai dengan baik. Catatannya hanyalah output penelitian dan pengembangan di tahap-tahap terakhir yang agak terlambat, yaitu policy brief dan executive summary. Selain itu juga penerbitan bunga rampai dan prosiding yang melampaui batas waktu.

Arif pun memaklumi keterlambatan output kegiatan akhir tahun sebagai hal yang biasa terjadi. Namun dia berharap hal itu tidak terulang di tahun 2020. Karena perkin merupakan penilaian kegiatan pada 1 tahun anggaran.

Dari sisi pelaporan administrasi, keterlambatan penyusunan laporan kegiatan pun menjadi sorotan. Pasalnya catatan-catatan audit kinerja lebih banyak menyasar persoalan administrasi.

Menanggapi kritik tersebut, Kepala BLAS menegaskan bahwa pada tahun 2020 ini dilakukan pemebenahan di wilayah tata usaha. Kita sedang berkomitmen untuk menyelesaikan pelaporan kegiatan lebih cepat dan tepat waktu.

Pasca evaluasi juga disosialisasikan program kegiatan 2020, meskipun program per bidang sudah jauh-jauh hari dibahas. Selain itu juga dilakukan pemilihan agen perubahan BLA Semarang. (syafa’)