Kampanye Moderasi Agama Melalui Vlog

0
62

Sejumlah video blog (vlog) karya para pelajar di Yogyakarta diputar sebelum pembukaan kegiatan Pengujian Draf Final Panduan Moderasi Agama Melalui Vlog yang diselenggarakan oleh Balai Litbang Agama (BLA) Semarang. Di antara yang ditayangkan adalah video berjudul “Moderasi Beragama” dan “Do and Don’t: Aplikasi Moderasi Beragama”.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Dr. Muharam, M.A., Ph.D., di Hotel New Saphir Yogyakarta, selasa 12 November 2019. Muharam terksesan dan vlog-vlog yang dibuat oleh para pelajar setingkat SMA dan perguruan tinggi yang juga peserta kegiatan.

“Ini kegiatan yang sangat kreatif. Maknanya sangat besar dalam mengampanyekan moderasi beragama,” kata Muharam.

Muharam mengapresiasi kegiatan ini mengingat urgensi kampanye bergama secara moderat di era digital. Menurutnya, kampanye kepada generasi milenial lebih efektif dilakukan melalui video atau vlog daripada pidato atau khutbah.

“Tampilkanlah ide-ide moderasi dalam kehidupan sehari-hari. Moderat itu tidak hanya diucapkan, namun dilakukan dalam kehidupan yang nyata,” pesan Muharam kepada peserta.

Kepala BLA Semarang Dr. Samidi, M.S.I., mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program pengembangan untuk memperluas jangkauan ide-ide moderasi agama kepada anak muda. Workshop pembuatan vlog ini dimaksudkan untuk memancing kreativitas anak-anak muda.

“Kita bersama-sama mengembangkan moderasi agama, khusus untuk generasi milenial. Selain membuat vlog, kita juga membuat buku pedoman yang akan menjadi dasar-dasar vlog yang baik,” kata Samidi. [syafa’]