BLAS Gelar Workshop Pembuatan Vlog untuk Pelajar

0
19

Balai Litbang Agama (BLA) Semarang menghelat acara Workshop Literasi dan Moderasi Agama di Kalangan Milenial. Tahapan pembahasan draft awal buku panduan moderasi melalui vlog dilaksanakan di Hotel Crystal Lotus Yogyakarta, 3-4 Oktober 2019.

Workshop yang diinisiasi oleh Bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan ini bertujuan menyusun buku panduan pembuatan video blog (vlog) sebagai bahan atau konten untuk menyebarkan ide-ide dan nilai-nilai moderasi beragama. Selain itu, workshop ini juga diisi praktik pembuatan vlog secara langsung.

Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini adalah mahasiswa dan pelajar dari Universitas Gajah Mada, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Universitas Kristen Duta Wacana, Institut Seni Indonesia, Universitas Sarjana Tamansiswa, SMA Muhammaiyah I Yogyakarta, MAN 1 Yogyakarta, SMA N 1 Yogyakarta, SMK Bopkri, dan Pondok Pesantren Bina Umat.

Iman Fadhilah, M.S.I. dari Universitas Wahid Hasyim Semarang dan Ahmad Dafi Yusuf dari Aliansi Jurnalis Independen didapuk menjadi narasumber atau mentor dalam kegiatan tersebut.  Iman memberikan materi etika di media sosial, sedangkan Dafi menyampaikan materi teknis pembuatan vlog. Dafi juga mendampingi peserta dalam praktik pembuatan vlog.

Kepala BLA Semarang Dr. Samidi, M.S.I. berharap buku panduan pembuatan vlog ini akan bermanfaat bagi stakeholder dalam upaya moderasi agama di kalangan milenial. Workshop yang juga diisi praktik pembuatan vlog ini diharap mampu memunculkan konten-konten keagamaan yang moderat di media sosial.

Senada dengan itu, Iman Fadilah mengatakan bahwa jejaring media sosial bisa dimanfaatkan untuk mempublikasikan video-video bertema moderasi beragama. Iman menekankan prinsip-prinsip etis dalam mempublikasikan karya di media sosial yang secara langsung berhubungan dengan UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Traksaksi Elektronik (UU ITE).

Sementara itu Dafi menekankan karakteristik tema-tema vlog yang berasal dari pengalaman sendiri atau realitas yang dekat dengan kreatornya. Dafi menguraikan proses pembuatan vlog mulai dari menyusun skenario, pengambilan gambar, dan editing. [syafa’]