Arie Moenir: Beri Kebebasan Anak Muda, Jangan Takut Salah

0
16

Anak muda harus diberi ruang dan kebebasan dalam membuat konten kreatif seperti film atau video-blog (vlog). Proses belajar mereka tidak boleh dihantui dengan rasa takut salah.

Hal itu dikatakan Wakil Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) Jawa Tengah Arie Moenir ketika memberikan materi terkait teknik sinematografi. Moenir didapuk sebagai narasumber dalam kegiatan Penyusunan Draf Awal Literasi Moderasi di Kalangan Milenial yang dilaksanakan oleh Balai Litbang Agama (BLA) Semarang, Selasa 24 September 2019 di Hotel Pandanaran Semarang.

“Beri kebebasan anak muda. Jangan takut salah. Film-film hollywood yang menghabiskan biaya mahal saja memiliki banyak kesalahan,” kata Moenir.

Menurut Moenir, kesalahan film biasanya terjadi pada teknik pengambilan gambar dan editing yang kurang teliti. Sudut pengambilan gambar atau angle ini penting untuk dipelajari agar menghasilkan film yang baik.

Otuput dari kegiatan tersebut, selain buku panduan pembuatan vlog bagi pelajar, juga dalam bentuk vlog itu sendiri. Karena itu Moenir mengajarkan teknik sinematografi yang meliputi teknik pengambilan gambar dan komposisi.

Menurut Moenir, kategori vlog tentu lebih mudah dilakukan. Pelajar bisa membuat story line berdasarkan tema yang telah ditentukan. Vlog tidak membutuhkan banyak scene dan banyak aktor. [syafa’]