Bidang Bimas Bahas Rencana Penelitian dan Pengembangan Tahun 2020

0
23

Balai Litbang Agama (BLA) Semarang membahas RKA-KL Bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan, Senin 23 September 2019, di Hotel Pandanaran Semarang. Pembahasan RKA-KL diikuti oleh pejabat struktural, pejabat fungsional/ peneliti, perencana, dan staf.

Kegiatan ini membahas rencana kegiatan penelitian dan pengembangan pada tahun 2020. Langkah atau tahapan penelitian dan pengembangan dibahas mulai dari komponen pembiayaan dan jadwal pelaksanaannya.

Tahun 2020 mendatang Bidang Bimas akan melaksanakan penelitian Indeks Kerukunan Umat Beragama dan Nilai-nilai Kerukunan dalam Tradisi Lisan. Adapun kegiatan pengembangan adalah menyusun Model Koordinasi Lembaga Zakat, Infak, dan Sedekah.

Kepala BLA Semarang Samidi mengatakan, tahun 2020 nanti ada sedikit perbedaan format tahapan penelitian. Setelah studi kelayakan akan dilakukan seminar terbatas untuk mempresentasikan temuan awal.

“Tahun depan ada perubahan, pasca studi penjajakan ada seminar. Untuk memaparkan hasil temuan sementara. Ini bentuk tanggungjawab kita bahwa setelah studi penjajakan kita sudah memiliki tulisan laporan yang nanti dibahas oleh narasumber penelitian,” kata Samidi.

Selain pembahasan penelitian dan pengembangan juga dibahas teknis perijinan penelitian. Menurut Samidi, perizinan penelitian bukan tusi (tugas dan fungsi) peneliti. Karena itu dibentuk Tim Perizinan yang anggotanya terdiri dari staf/ struktural. [syafa’]