Pentingnya Literasi Keagamaan di Sekolah

0
5

Setelah sukses merampungkan proyek repositori online naskah keagamaan kuno, Tim Lektur Khazanah Keagaaman dan Manajemen Organisasi Balai Litbang Agama Semarang kembali bersiap melakukan penelitian berikutnya, kali ini berkaitan dengan literasi keagamaan di Sekolah Menengah Atas. Penelitian rencananya akan dilaksanakan di wilayah kerja Jawa Tengah dan sekitarnya saja pada pertengahan September hingga kedepannya melalui beberapa proses.

Sebagai langkah awal, maka akan ditempuh dengan studi kelayakan di berbagai sekolah menengah atas di beberapa wilayah Jawa Tengah. Dalam kesempatan ini diadakanlah rapat antar peneliti lektur dengan menghadirkan narasumber Guru Besar Pendidikan Bahasa dan Sastra dari Universitas Negeri Semarang, Prof. Dr. Subyantoro, M. Hum dan turut hadir pula peserta luar perwakilan dari Kementrian Agama Kota Semarang.

Pada rapat kali ini yang bertempat di ruang rapat kecil lantai 3 Balai Litbang Agama Semarang memfokuskan kepada detail teknik pelaksanaan dan profil singkat sekolah – sekolah yang akan didatangi untuk selanjutnya dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai literasi keagamaan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi tentang keagamaan di berbagai sekolah di wilayah Jawa Tengah yang mana berguna untuk membangun relasi yang baik di atas perbedaan-perbedaan yang ada. (ry*)